Puluhan Pemilih Ajukan Pindah Memilih ke Kecamatan Pandeglang

Gudang Logistik Pemilu 2024 yang ada di tingkat PPK, atau di kantor Kecamatan Pandeglang. Ahmad

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Puluhan pemilih mengajukan pindah memilih ke Kecamatan Pandeglang. Catatan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pandeglang, ada sekitar 30 orang mengajukan pindah memilih ke daerah tersebut.

Pj Perencanaan Data dan Pemilih PPK Pandeglang, Masroni menerangkan, jumlah itu merupakan hasil akumulasi tahap pengajuan pindah memilih yang berlangsung sejak Agustus 2023 lalu.

Baca Juga : KPU Tetapkan DPT di Pandeglang Sebanyak 996.127 Pemilih

“Kurang lebih 30an untuk yang pindah memilih ke Pandegkang. Mereka tersebar di empat kelurahan, Kabayan, Kadomas, Pandeglang, dan Babakan Anyar. Jumlah itu tercatat sejak tahap pertama pindah memilih bulan Agustus 2023 lalu dan tahap dua diawal Januari 2024. Untuk Februari ini kita masih proses,” katanya, Selasa (6/2/2024).

Dia menerangkan, alasan pemilih yang mengajukan pindah mencoblos pada 14 Februari nanti karena sudah pindah domisili, alasan belajar, dan bekerja.

Baca Juga : 307 Pemilih dari Luar Daerah Ajukan Pindah Memilih di Pandeglang

“Alasan terbanyak pindah domisili, artinya sudah berganti secara adminduk, secara KTP atau KK sudah tinggal di Kecamatan Pandeglang. Kemudian ada juga alasan tugas belajar dan bekerja,” ucapnya.

Di samping itu, PPK Pandeglang juga mencatat ada sekitar 40 pemilih mengajukan pindah memilih keluar Pandeglang. Namun jumlah itu bisa saja bertambah, mengingat batas akhir pengajuan pindah memilih akan ditutup pada 7 Februari 2024 pukul 23.59 WIB.

Baca Juga : Pemilu 2024, Pemilih Disabilitas di Pandeglang Capai 3.696 Jiwa

“Akan tetapi mereka yang bisa mengurus pindah memilih hanya untuk kategori pemilih yang sedang bekerja di luar kota, pasien yang dirawat inap, pemilih di Lapas atau Rumah Tahanan, dan pemilih yang terkena bencana alam,” ujarnya.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kecamatan Pandeglang yang tercacat sebanyak 32.943 jiwa, terdiri atas pemilih laki-laki 16.936 jiwa dan pemilih perempuan 16.007 jiwa.

“Mereka tersebar di 125 TPS yang ada diempat kelurahan. Di kami ada satu TPS Khusus, yakni TPS 901 di Rutan Kelas IIB Pandeglang,” sebut Masroni. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru