Ribuan Pelaku UMKM di Banten Dilatih Pasarkan Produk Secara Digital

UMKM Digital

Pelatihan yang diprakarsai Kemenkominfo itu dilakukan dalam rangka menuju UMKM Active Selling 2021.(Istimewa)

TANGERANG, BINGAR.ID – Sebanyak 2.750 pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), diberi pendampingan peningkatan kapasitas teknologi digital dan manajemen yang dipusatkan di Rumah Produksi BDC Gemilang, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Selasa (07/09/2021).

Pelatihan yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu dilakukan dalam rangka menuju UMKM Active Selling 2021.

PIC Wilayah Banten pada Program Pendampingan Peningkatan Kapasitas Teknologi Digital Dan Manajemen Menuju UMKM Active Selling 2021, Wulanawati menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu serta memfasilitasi UMKM yang berada diwilayah banten, agar dapat melakukan penjualan melalui online.

Baca juga: Pedagang Hewan Kurban Diimbau Jualan Via Online

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan para pelaku usaha agar dapat menggunakan teknologi digital guna melakukan transaksi penjualan.

“Untuk wilayah banten, kuota yang tersedia itu 2.750 UMKM. Dengan syarat, UMKM yang melakukan produksi, mulai dari bahan baku menjadi barang jadi, jadi bukan barang reseller,” ucapnya.

Lanjutnya, dalam pelatihan tersebut terdapat beberapa materi yang disampaikan. Antara lain, tentang bagaimana cara memasarkan produk melalui media sosial, cara menggunakan platform ecommerce, cara mengatur keuangan secara digital, serta cara menargetkan pemasaran melalui sosial media.

“Kegiatan ini kurang lebih sudah 3 bulan berjalan, dan sudah berjalan di Kecamatan Kelapa Dua, Kecamatan Keonjo, dan hari ini di Kecamatan Panongan. Semuanya sangat antusias, Contohnya saja di Kecamatan Kelapa Dua memiliki kurang lebih 500 UMKM, dan semuanya ingin di daftarkan,” ungkapnya.

Baca juga: Hari Belanja Online Nasional 12:12, Sejarah dan Tujuannya

Sementara itu, Suryati seorang peserta kegiatan mengaku terbantu dengan adanya program tersebut. Mengingat, dimasa pandemi seperti saat ini penjualan melalui sosial media dan ecommerce sangat dibutuhkan.

“Program ini sangat bermanfaat sekali, dan saya berharap dengan adanya program pelatihan ini dapat meningkatkan penjualan produk untuk para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tangerang khususnya,” ujarnya. (Sajid/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru