Empat Pilar Kebangsaan Merupakan Landasan Hidup Berbangsa dan Bernegara

Empat pilar kebangsaan

Empat Pilar Kebangsaan Merupakan Landasan Hidup Berbangsa dan Bernegara. (bpip)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ida Hamidah mengatakan, Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, merupakan sebuah landasan dalam membangkitkan jiwa nasionalisme, serta membangun kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu dikatakan Ida saat Sosialisas Empat Pilar Kebangsaan kepada sejumlah warga yang berada di wilayah Kecamatan Pandeglang, beserta pengurus dan anggota dari Angkatan Muda Kabah (AMK), di Aula Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Pandeglang, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Adde Rosi Minta Masyarakat Waspadai Paham Radikalime yang Berkembang di Indonesia

“Dengan cara memahami serta mampu menjabarkan makna juga maksud dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, diharapkan mampu membangun kesadaran kita, dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Ida Hamidah.

Dikatakannya juga, Empat Pilar Kebangsaan sangat penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh warga negara Indonesia, terlebih pada kalangan generasi muda, agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh, serta masyarakat bisa memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, baik itu UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi sangat penting, bahkan menjadi tanggungjawab kita bersama untuk terus merawatnya, agar bisa menjadi benteng dan mampu membangun jiwa nasionalisme, khususnya di kalangan para generasi muda, sehingga nilai-nilai Pancasila yang menjadi warisan dari para pendiri bangsa, bisa tetap terawat,” tambahnya.

Sementara Ketua PAC AMK Pandeglang, Entus Hunaeni yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan itu, mengatakan, akhir-akhir ini, nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur maknanya di kalangan generasi muda. Oleh karenanya, kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut menjadi sangat penting untuk terus dilakukan, agar nilai-nilai kebangsaan itu bisa kembali tumbuh.

Baca juga: Peringati Hari Amal Bakti Ke-75, Kemenag Diminta Tingkatkan Pelayanan

“Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi sangat penting untuk terus dibudayakan, agar nilai-nilai kebangsaan dapat terus dirawat. Dan bila perlu, Empat Pilar Kebangsaan tersebut, menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah, agar kedepannya kaum milenial, atau para generasi muda bisa menangkal segala bentuk kemungkinan yang bisa merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Entus.

“Jangan sampai kedepannya NKRI ini diwariskan pada generasi yang tidak paham apa itu Empat Pilar Kebangsaan, akibat terjadinya degradasi nilai sosial, degradasi moral dan degradasi kultural,” pungkasnya. (Sajid/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru