Disnakertrans Pandeglang Gelar Pelatihan, Guna Meningkatkan SDM Tenaga Kerja

Disnakertrans

Ratusan Pelajar Yang Mengikuti Pelatihan Kerja di Disnakertrans Pandeglang. Sandi

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang, akan terus melakukan program pelatihan kerja, sebagai bagian dari intervensi pemerintah daerah.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Pandeglang, Mohamad Kabir mengatakan, dari ratusan peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, dibagi menjadi 4 kelas.

Baca Juga : Guna Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Pandeglang Gelar Job Fair 2024

“Untuk jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 130 orang, dan kita bagi menjadi 4 kelas, sesuai dengan keterampilan dasarnya masing-masing. Peserta yang mengikuti pelatihan yakni pelatihan listrik, pelatihan menjahit, pelatihan service hp, dan pelatihan otomotif,” kata Kabir, Selasa 27 Agustus 2024.

Kabir juga menjelaskan, pelatihan kerja yang dilaksanakannya untuk mengurangi pengangguran serta menyiapkan SDM yang berdaya saing dan siap menghadapi dunia kerja.

Baca JugaDisnakertrans Pandeglang Akan Buka Posko Pengaduan THR

“Untuk pelatihan yang mereka ikuti selama 15 hari, yang dimulai sejak hari Senin kemarin. Mudah-mudahan dengan ilmu yang kami berikan, bisa bermanfaat bagi seluruh peserta dan bisa mengembangkannya setelah selesai pelatihan baik dengan membuka usaha pribadi maupun melamar pekerjaan sesuai keterampilan mereka,” jelasnya.

Selain itu, kata Kabir, pelatih yang dilibatkan adalah instruktur berlisensi resmi di bidang masing-masing.

“Ya mudah-mudahan dengan adanya pelatihan yang kami gelar, bisa mencetak SDM yang terampil dan bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Kerjasama Dengan 14 Perusahaan, Disnakertrans Pandeglang Gelar Job Fair 2023

Sementara itu, salah seorang peserta yang mengikuti pelatihan, Muhamad Torik Putra Padilah mengaku, dirinya mengikuti pelatihan instalasi listrik untuk menambah kemampuan dan bisa mendapatkan pekerjaan.

“Saya mengikuti pelatihan instalasi listrik sederhana, dan setelah mengikuti pelatihan ini saya akan membuka skill baru di bidang kelistrikan serta mempunyai peluang diberbagai perusahaan dan tentu itu juga bisa membuka wirausaha pribadi,” singkatnya. (Sandi)

Berita Terkait