Selain Banjir, Hujan Deras di Pandeglang Sebabkan Jembatan Ambruk

Jembatan Ambruk

Kondisi Jembatan di Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang ambruk. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Selain menyebabkan banjir disejumlah kecamatan, hujan deras yang mengguyur Pandeglang sejak Senin (28/2/2022) malam juga membuat jembatan di Kampung Kadu Jangkung RT/RW 02/03, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, ambruk.

Ambruknya jembatan itu diduga akibat tebing tanah setinggi 5 meter tergerus air hingga mengalami longsor yang membuat jembatan ikut terbawa ambruk.

Baca juga: Pandeglang Kembali Dilanda Banjir, Tujuh Kecamatan Terdampak

Kepala Desa Ramea, Busro mengungkapkan, kejadian jembatan ambruk itu karena hujan deras sehari semalam membuat aliran sungai deras hingga mengkikis tanah dan pondasi jembatan hingga mengakibatkan ambruk.

“Jembatan itu ambruk akibat hujan dari kemarin (Senin) hingga hari ini, ambruknya sekitar pukul 08.36 WIB. Jadi tanah dan pondasi jembatan sebelah terkikis air deras hingga longsor dan jembatan ikut ambruk,” kata Busro saat dihubungi via telepon, Selasa (1/2/2022).

Baca juga: Jembatan di Jiput Pandeglang Hanyut Digerus Banjir Bandang

Akibat jembatan itu ambruk, saat ini aktivitas warga di tiga RW tersendat bahkan terisolir karena tak ada akses lagi. Padahal jembatan itu merupakan akses utama bagi warga.

“Jelas terisolir, karena itu lokasi ada di tegah-tengah desa. Jadi tiga RW yang bagian barat desa terisolir karena itu jalan utama yang statusnya jalan Kabupaten,” jelasnya.

Ia berharap Pemkab Pandeglang segera membuatkan jembatan darurat karena jika tidak, maka mengancam aktivitas warga.

Baca juga: Sebagian Wilayah Pandeglang Diprediksi akan Terendam Banjir dalam Waktu Dekat

“Harapan saya itu segera dibuatkan jembatan darurat telebih dahulu, dan bisa langsung dianggarkan untuk jembatan permanennya. Karena ini akses vital, jika tidak aktivitas di Desa Ramea bisa lumpuh, dan terisolir semuanya baik bagian timur maupun barat,” harapnya.

Sementara berdasarkan data BPBDPK Pandeglang, selain jembatan di Desa Ramea, hujan deras juga menyebabkan sebuah jembatan di Desa Ciherang, Kecamatan Picung mengalami hal yang sama. (Chandra Dewi)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru