Sansevieria, Si Lidah Mertua Yang Bantu Jaga Imunitas

Tanaman Sansevieria

BINGAR.ID – Kualitas udara yang baik dipercaya banyak orang bisa mendukung upaya meningkatkan imunitas. Apalagi kini masyarakat sedunia sedang bertempur melawan Virus Corona atau Covid-19, sehingga imunitas yang baik adalah salah satu pertahanan utama dari gempuran virus tersebut.

Dicuplik dari hasil penelitian NASA Clean Air Study pada tahun 1989, tanaman berdaun keras dengan ujung meruncing ini mampu menjadi penyaring udara dari aneka polutan.

Diantara polutan itu adalah Formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oksida. Zat zat diatas banyak tersebar di udara lantaran banyak digunakan dalam aneka produk mulai dari rokok, tekstil, industri perkayuan, hingga industri kertas.

Bahayanya, zat-zat polutan itu ditengarai bersifat karsinogenik atau bisa memicu penyakit kanker dengan cara masuk melalui tubuh dari mulut dan hidung saat manusia mengonsumsi produknya atau terhirup dari udara. Zat zat tersebut kemudian mengendap dan mengubah susunan DNA di sel sel tubuh sehingga akhirnya muncul kelainan pada sel yang kita kenal sebagai kanker.

Apalagi ditambah badai virus Corona membuat orang makin peduli dengan kualitas udara yang dihirup. Salah satu cara memperbaiki kualitas udara adalah dengan membeli mesin penyaring udara. Sayang, harga mesin tersebut tak bisa dibilang murah ya sobat bingar.id.

Lalu apa solusi lainnya? Nah, Sobat bingar.id bisa memilih menanam tanaman Lidah Mertua atau Sanseviera dan menaruh tanaman itu di dalam rumah.

Soalnya berbeda dengan tanaman lainnya yang melepaskan karbondioksida di malam hari, Lidah Mertua malah memproduksi oksigen terus menerus siang dan malam. Walhasil kualitas udara di sekitar tanaman itu jadi lebih baik karena kaya akan oksigen.

Tak hanya itu sobat bingar.id, tanaman yang sering disebut snake plant itu juga menyerap zat zat polutan serta karbondioksida, sehingga baik ditempatkan di rumah yang memiliki ruangan sempit atau ber-AC yang berpotensi membuat penghuninya mengalami sick building syndrome.

Untuk sobat bingar.id ketahui, sindrome ini terjadi lantaran sirkulasi dan kualitas udara yang buruk dimana penderitanya mengalami sejumlah gejala. Yaitu, sakit kepala, iritasi mata, hidung, tenggorokan serta mual dan merasa sangat lelah.

Bukan itu saja loh, Sansevieria ini juga bisa menyerap radiasi dari peralatan elektronik dan menetralkan racun nikotin dari rokok. Wah ternyata banyak sekali ya manfaat tanaman Lidah Mertua ini sobat bingar.id.

Jadi, yuk sobat bingar.id, buat kamu kamu yang menderita penyakit pernafasan ataupun tidak, kita mulai yuk menanam Lidah Mertua di rumah sekarang. Agar kualitas udara di rumah kita menjadi lebih baik, bersih dari polutan sehingga bisa membantu menaikkan imunitas dan hempaskan virus Covid 19 Corona. (Ishana/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru