Bocoran FHBN 2021, Akan Ada “Duel” Gol A Gong vs Pidi Baiq

FHBN 2021

Sejumlah penulis beken akan meramaikan acara Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2021.

SERANG, BINGAR.ID – Gelaran Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2021 tinggal menghitung hari. Acara ini rencananya akan berlangsung pada tanggal 26-30 Mei 2021 mendatang di Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten.

Kabarnya, sejumlah penulis beken akan meramaikan acara pertama di Banten itu. Mereka diantaranya Nidu Paras Erlang yang berhasil menyabet penghargaan Katulistiwa Literary Award 2020, Akmal Nasery Basral, Gol A Gong hingga Pidi Baiq.

Untuk kedua nama terakhir itu, mereka menyebutnya tawuran antara Si Roy dan Dilan. Soalnya seperti yang diketahui, Gol A Gong yang kini menjadi Duta Baca Indonedia adalah penulis novel legendaris “Balada Si Roy” pada tahun 90-an.

Baca juga: 150-an Penerbit Terlibat dalam Festival Harbuknas 2021 di Untirta Banten

Sementara Pidi Baiq adalah penulis novel Dilan yang mendulang sukses karena digandrungi kalangan milenials. Tidak cuma buku, adaptadi filmnya pun menembus jajaran box office nasional.

Belakangan, “Si Roy” juga akan menyusul hadir di layar lebar melalui garapan IDN Picture. Proses syutingnya pun sudah selesai beberapa waktu lalu.

“Banten memiliki tokoh-tokoh literasi di masa lampau yang cukup berpengaruh seperti Syech Nawawi al-Bantani dan Husein Jayadiningrat. Banten juga memiliki tokoh literasi nasional yang sangat diperhitungkan dan sangat mewarnai gerakan literasi di Tanah Air,” ucap Ketua Ikapi, Arys Hilman dalam konferensi pers virtual, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Wagub Andika Rekomendasikan Swasta Hingga BUMD Dukung Harbuknas 2021

Sementara Rektor Untirta, Fatah Sulaiman yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan FHBN mengungkapkan komitmennya untuk ikut menyukseskan perhelatan ini. Ia berharap festival ini menjadi pengingat akan kontribusi tokoh-tokoh seperti Syech Nawawi dan Husein Jayadiningrat.

Senada dengan Fatah Sulaiman, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy juga menyatakan komitmennya diacara tersebut. Bahkan ia sudah merekomendasikan kepada perusahaan dan masyarakat umum untuk terlibat dalam aksi sejuta buku yang nantinya akan disebarkan ke perpustakaan dan taman macaan masyarakat.

Andika akan ikut merayakan festival ini dengan meluncurkan buku yang ditulisnya berjudul “Yang Muda Yang Bekerja”.

Selain itu FHBN 2021 akan menampilkan juga diskusi dengan para penggiat literasi Banten, penampilan seni dari berbagai komunitas hingga diskusi mengenai Undang-Undang Sistem Perbukuan Nasional. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru