Ratusan Ribu Bibit Tanaman Dibagikan untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

Ratusan Ribu Bibit Tanaman Dibagikan untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

Ratusan ribu bibit tanaman gratis mulai didistribusikan bagi warga (Foto Humas Pemkot Tangerang)

TANGERANG, BINGAR.ID – Gerakan untuk meningkatkan ketahanan pangan saat pandemi di Kota Tangerang ditindaklanjuti dengan membagikan bibit-bibit tanaman produktif.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Wawan Kuswantoro, mengatakan, DKP menargetkan untuk membagikan 147 ribu polybag bibit tanaman, yang diantaranya kangkung, tomat, pakcoy dan terong, untuk warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Cipondoh.

Baca juga: Ratusan ASN Kota Tangerang Dilatih Perkuat Ketahanan Pangan

“Ada beberapa macam bibit tanaman yang diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, terlebih di situasi pandemi ini. Dari 147 ribu bibit tanaman yang ditargetkan kepada DKP, masing-masing bidang saling gotong-royong mempersiapkan bibit yang siap untuk dibagikan kepada masyarakat,” ujarnya saat ditemui di lokasi pembibitan Komplek PDK Kecamatan Cipondoh, Senin (26/10/2020).

Tak hanya dilakukan oleh DKP, pembibitan juga dilakukan oleh beberapa dinas lainnya dengan target 486 ribu polybag, serta 13 kecamatan dengan target 10.500 polybag per kecamatan. Di mana proses pembibitan dilakukan secara mandiri dan berasal dari swadaya pegawai Pemerintah Kota Tangerang.

Baca juga: Gubernur dan Kepala Daerah Se-Banten Bahas Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

“Program ini bukan hanya dilakukan oleh teman-teman di DKP, melainkan dilakukan juga oleh dinas lainnya, seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” tuturnya.

Proses awal distribusi bibit tanaman akan diserahkan kepada pihak kecamatan, lalu diteruskan kepada pihak kelurahan untuk diserahkan ke masing-masing RW dan segera dibagikan kepada warga terdampak Covid-19.

Baca juga: Bukan Sembako, DKP Kota Tangerang Tebar 380 Ribu Bibit Tanaman Untuk Warga Terdampak Covid

Dengan diberikannya bibit tanaman, diharapkan warga dapat menjaga dan merawat bibit tanaman dengan baik sehingga terasa manfaatnya, tak hanya saat ini namun untuk seterusnya.

“Dengan adanya pembagian bibit ini, semoga masyarakat mulai terdorong untuk bercocok tanam di lahan sekitar rumah. Tidak perlu lahan luas, namun besar manfaatnya untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,” pesannya. (Sajid/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru