Pengurus DKM Dapat Pelatihan SDM

Bupati Pandeglang, Irna Narulita sedang memberikan sambutan di acara pelatihan dan pembinaan SDM pengurus DKM se Kecamatan Pandeglang, di Gedung MUI Kabupaten Pandeglang/BARA

Bingar.id – Dalam acara pelatihan dan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengurus Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM), yang dilaksanakan di Gedung MUI Kabupaten Pandeglang pada Kamis (14/2/2020) tadi. Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap agar para pengurus DKM se Kecamatanm Pandeglang yang saat itu melakukan pelatihan, agar memaksimalkan perannya sebagai DKM.

Maka itulah, Irna menilai bahwa kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap pengurus DKM tersebut sangat penting. Karena menurutnya, dengan begitu para pengurus DKM bisa optimal dalam mengelola mesjid.

“Pelatihan dan pembinaan ini sangat penting sebagai penggerak peradaban dan syiar Islam. Selain itu, sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas SDM bagi para pengurus DKM agar dapat mengoptimalkan perannya,” ungkap Irna saat memberikan sambutan, Kamis (13/2/2020).

Sebab jelasnya, untuk mewujudkan kembali bangkitnya peradaban Islam, cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah meramaikan mesjid dengan banyak aktivitas keagamaan.

“Untuk merealisasikan itu, mesjid haruslah dikelola secara professional,” ujarnya.

Selain itu ungkap dia, peran DKM bukan hanya semata-mata mengajak beribadah saja, akan tetapi harus bisa bersinergi dengan Pemkab Pandeglang dalam memajukan Pandeglang. Karena secara tidak langsung, pengurus DKM juga seharusnya bisa mensosialisaikan program pembangunan kepada masyarakat luas.

“Pemkab memiliki berbagai program pembangunan di bidang keagamaan, diantaranya program magrib mengaji, shalat subuh berjamaah, tahfidz qur’an di tiap desa, pembangunan mesjid dan lain sebagainya. Tentunya program Pemerintah ini perlu dukungan dari para ulama, tokoh masyarakat khususnya bagi para pengurus DKM agar bisa menyampaikan program pemerintah ini kepada umat,” tandasnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Pandeglang, Samsudin menambahkan, pelatihan dan pembinaan SDM bagi para pengurus DKM itu diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari Ketua dan para Sekretaris DKM se-Kecamatan Pandeglang.

“Pelatihan dan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM bagi para pengurus DKM, dalam meningkatkan pengetahuan dan pengelolaan mesjid dengan baik,” katanya.

Ia mengaku, sangat berharap kedepannya para pengurus DKM bisa kerja optimal. “Harapan kami, peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan ide-ide baru dalam mengelola mesjid secara lebih baik lagi, agar peran dan fungsi mesjid bisa lebih optimal,” tandasnya. (Bara)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru