Pembangunan RSUD Labuan Akhirnya Dilanjutkan Berkonsep Wisata

RSUD Labuan

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan peletakan batu pertama pembangunan RSUD Labuan. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuan akhirnya kembali dilanjutkan pembangunannya setelah lama terbengkalai.

Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, bersamaan dengan pembangunan RSUD Cilograng, Selasa (8/3/2022) pagi.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, pembangunan RSUD Labuan dan RSUD Cilograng sebagai wujud komitmen Pemprov Banten dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dalam bidang kesehatan sekaligus dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan warganya.

Baca juga: Sempat Mangkrak, RSUD Labuan Segera Dibangun Kembali

“Pembangunan kedua rumah sakit ini merupakan hadiah dari Pemprov Banten untuk Kabupaten Pandeglang dan Lebak, walaupun RSUD ini tipe C, akan tetapi fasilitas dan perlengkapanya sangat maksimal, semoga keberadaan RSUD Labuan bermanfaat dan ada peningkatan kualitas kesehatan,“ ujarnya.

Koordinator Proyek RSUD Labuan dari PT. Himindo Citra Mandiri, Aan Sapta Atmaja menyebut, anggaran pembangunan RSUD Labuan mencapai Rp64 miliar.

“Jadi kalau untuk di RS Labuan ini kita untuk dua gedung ini kita memang tidak membongkar struktur ya jadi struktur tetap dipertahankan. Jadi disini nanti ada tiga ruang operasi sama radiologi sama laboratorium dan juga ruang isolasi,” ujarnya.

Baca juga: Ditemukan 47 Kasus Baru HIV AIDS di Pandeglang

Dia membocorkan, rumah sakit tersebut rencananya akan berdiri dengan bangunan tiga lantai berkapasitas 120 tempat tidur dengan konsep wisata.

“Untuk pelaksanaannya itu ada 240 hari, itu dari 25 Februari sampai dengan 22 Oktober ya,” sambungnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik pembangunan rumah sakit Labuan. Mengingat fasilitas kesehatan itu sudah lama terbengkalai.

“Tentu saja hal ini menjadi harapan besar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pandeglang,“ kata Irna.

Baca juga: Perjuangan Warga Miskin di Pandeglang, Mati-matian Obati Buah Hati Sampai Pinjam Duit Mesjid

Menurut Irna, saat ini Pandeglang hanya memiliki dua rumah sakit yakni RSUD Berkah dan RSUD Aulia Menes. Namun dia menilai hal itu belum cukup untuk mengakomodir pelayanan kesehatan di Pandeglang.

“Kami berharap keberadaan RSUD Labuan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan serta memudahkan akses bagi masyarakat Pandeglang selatan yang membutuhkan kualitas pelayanan,“ terangnya. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru