Ombudsman-UIN SMH Banten Bahas Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Ombudsman Banten

Ombudsman Banten Gelar Sosialisasi-Edukasi di Fakultas Syariah UIN SMH Banten. (Istimewa)

SERANG, BINGAR.ID – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Banten (Ombudsman Banten) menggelar seminar sosialisasi dan edukasi mengenai Ombudsman kepada civitas akademika dan mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten (UIN SMH Banten), Rabu, (29/9/2021).

Bekerja sama dengan Fakultas Syariah, seminar yang berlangsung di Aula Fakultas Syariah UIN SMH Banten tersebut memaparkan upaya kedua lembaga dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca juga: Pelayanan Publik Buruk, Masyarakat Didorong Segera Lapor ke Ombudsman

Kepala Ombudsman Banten, Dedy Irsan menjelaskan, Ombudsman Republik Indonesia adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD, dan Badan Hukum Milik Negara.

Serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Dalam pengawasan pelayanan publik, masyarakat juga perlu terlibat. Maka dengan adanya sosialisasi ini adalah salah satunya untuk mengaktifkan fungsi pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat termasuk salah satunya mahasiswa yang merupakan bagian dari masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Carut Marut PPDB di Banten, Ombudsman: Kemunduran Pendidikan

Dedy Irsan berharap kepada mahasiswa agar bisa menjadi kepanjangan tangan Ombudsman dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

“Kami berharap para mahasiswa agar dapat menjadi kepanjangan tangan Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik.” tutup Dedy.

Rektor UIN SMH Banten, Wawan Wahyuddin yang hadir dalam kegiatan secara daring melalui zoom meeting menyampaikan besar harapannya kepada kegiatan ini agar bisa memberikan manfaat kepada seluruh pihak yang hadir.

“Sosialisasi ini senantiasa menjadi alat pacu untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan, baik untuk para dosen dan segenap para mahasiswa,” harap Wawan.

Baca juga:  Ombudsman Surati Idham Azis, Ingatkan Polisi Tak Represif saat Kawal Demo

Senada diutarakan Dekan Fakultas Syariah UIN SMH Banten, Ahmad Zaini. Dia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan para peserta khususnya tentang Ombudsman.

“Memberikan tambahan wawasan pengetahuan bagi Anda, dan mudah-mudahan Anda bisa membantu masyarakat dalam mengedukasi tugas dan fungsi (Ombudsman),” tandas Ahmad. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru