Jelang Akhir 2021, Jalan Tol di Pandeglang Tak Kunjung Dibangun

Tol Serang-Panimbang

Jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 km terbagi menjadi 3 Seksi. (Dok. KemenPUPR)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi II yang melintas di Kabupaten Pandeglang tidak juga dimulai. Padahal tahun 2021 hampir selesai.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Utuy Setiadi mengatakan, tersendatnya pembangunan lantaran saat ini belum adanya kejelasan anggaran dari pemerintah pusat.

Baca juga: Pembebasan Lahan Tol Serang-Panimbang Seksi III Baru 1.168 Bidang

“Jalan tol untuk seksi III sedikit terhambat. Sesuai informasi yang saya dapatkan, terutama kendalanya pendanaan dari pemerintah pusat,” kata Utuy, Kamis (29/9/2021).

Dia menyebut, pemerintah pusat sudah menentukan perusahaan yang akan menggarap pembangunan jalan tol tersebut. Namun pihak ketiga belum bisa menggarap karena menunggu keputusan anggaran.

“Kalau lelang fisik kan sudah selesai. Tapi kan untuk melaksanakan program itu harus ada kontrak, dan menunggu pendanaan dari pemerintah pusat,” bebernya.

Baca juga: Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi III Tunggu Aba-aba Kemenkeu

Namun begitu, pihaknya mengaku optimistis bahwa jalan Tol Serang-Panimbang Seksi III bakal dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Mengingat mega proyek itu masuk dalam program Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Tol pasti dibangun. Kenapa? Karena pembebasan lahan sudah hampir selesai, menjadi PSN dan prioritas pemerintah pusat. Dan kami harapkan ditahun 2023 tol ini sudah beroperasi,” ucapnya. (Syamsul/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru