DKPP Banten Terus Lakukan GPM Hingga ke Kabupaten Kota

Suasana di lokasi kegiatan GPM dari DKPP Provinsi Banten, yang terlihat sangat ramai dan di sambut antusias warga di lokasi GPM tersebut. DKPP Banten

SERANG, BINGAR.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Provinsi Banten, kembali lakukan Gerakan Pangan Murah (GPM), guna menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di bulan Ramadan 1445 H, maupun kenaikan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, yang dilaksanakan secara estafet ke kabupaten/kota di Provinsi Banten.

Kabid Ketersediaan dan Stabilitas Pangan pada DKPP Provinsi Banten, Abdul Haris mengatakan, kegiatan GPM kali ini dilaksanakan di KP3B, atau halaman kantor DKPP Banten, sebagai wujud perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, atas kondisi sosial masyarakat dewasa ini.

Baca Juga : Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, DKPP Kabupaten Serang Gelar GPM

“Kegiatan ini dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok di wilayah Provinsi Banten secara umum, maupun di wilayah kabupaten kota secara khusus ” jelas Abdul Haris, Selasa 2 April 2024

Selain itu kegiatan GPM juga untuk meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat di Provinsi Banten.

Baca Juga : Pemkab Serang Segera Gelar Pasar Murah

“Intinya, GPM ini untuk mengendalikan harga pangan agar tetap terjangkau oleh masyarakat Provinsi Banten,” katanya.

“Serta mencegah lonjakan harga yang dapat memberatkan konsumen dan mengurangi daya beli masyarakat,” sambungnya.

Sebab dijelaskannya, jika kebutuhan pangan meningkat menjelang dan pada saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti bulan Ramadan akan berpengaruh pada stok pangan dan harga melonjak.

Baca Juga : Gelar Operasi Pasar, Pemkab Pandeglang Akan Beri Subsidi Rp5.000

“Meningkatnya kebutuhan jelang Lebaran secara otomatis akan berpengaruh terhadap ketersediaan stok di daerah yang sedikit banyak akan mengalami gejolak harga,” tandasnya.

Maka dari itulah tegasnya, pihaknya mengeluarkan Gerakan Pangan Murah di Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

“Gerakan Pangan Murah bukan hanya di KP3B, tapi kami gencarkan di Kabupaten/Kota di Banten. Sekarang secara bergantian sedang berjalan,” tandasnya. (*)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru