Atlet Angkat Besi Asal Serang Kembali Pecahkan Rekor Dunia

Atlet Angkat Besi

Lifter muda Indonesia, Rizki Juniansyah merebut tiga emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022, di Heraklion Yunani, Kamis (5/5/2022) malam lalu. (Istimewa)

SERANG, BINGAR.ID – Prestasi cemerlang kembali ditorehkan atlet angkat besi asal Kota Serang, Banten, Rizki Juniansyah. Atlet berusia 19 tahun ini merebut tiga emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022, di Heraklion, Yunani, Kamis (5/5/2022) malam lalu.

Dia meraih tiga medali emas di kategori 73 kilogram putra, untuk angkatan Snatch (156 kg), Clean & Jerk (185 kg), dan Total Angkatan (341 kg).

Baca juga: Atlet Angkat Besi Asal Banten Berjaya di Kejuaraan Dunia IWF

Berkat capaian tersebut, Rizki Junainsyah juga berhasil mempertajam rekor dunia di angkatan snatch atas namanya sendiri. Sebelumnya ia berhasil menorehkan di angkatan Snatch 155 kg pada kejuaraan dunia di Tashkent, Uzbekistan. Kini rekornya ia pecahkan menjadi 156 kg.

Sementara di angkatan Clean and Jerk, dia juga berhasil mengungguli lawannya dengan angkatan terberat yakni 185 kg. Rizki Juniansya juga tak tertandingi pada total angkatan dengan meraih angkatan tertinggi 341 kg.

Baca juga: Lifter Muda Serang, Rizki Juniansyah “Sihir” Bumi Cendrawasih

Keberhasilan Rizki Juniansyah memecahkan rekor dunia pada angkatan snatch sudah diprediksi sebelum berangkat menuju Yunani. Dalam latihan di Pelatnas, angkatan snatch Rizki terbiasa mengangkat beban seberat itu.

“Saya memang hanya menaikkannya satu kilo saja. Karena saya tidak mau terlalu ‘ngoyo’. Mengingat, jarak antara kejuaraan dunia dengan SEA Games cukup dekat. Jadi saya tidak mau menghabiskan peak performance saya di kejuaraan dunia,” papar Rizki Juniansyah.

Baca juga: Atlet Akan Diperjuangkan Dapat Dana Pensiun

Sekadar informasi, Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 dihelat selama 2-10 Mei. Sebelumnya, dua wakil Tanah Air yakni Windy Cantika Aisah dan Juliana Klarisa juga telah mengharumkan nama Indonesia.

Turun di kelas 49 kg, Windy meraih emas di tiga kategori yakni angkatan Snatch (83 kg), Clean & Jerk (102 kg), dan Total (185 kg). Sementara Juliana meraih medali perunggu di kategori 55 kg putri dengan angkatan terbaik Clean & Jerk terbaik 103 kg. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru