TANGERANG, BINGAR.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten terus menyosialisasikan inovasi digitalisasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Salah satu inovasi terbaru yang kini dapat dimanfaatkan pelanggan pascabayar adalah fitur Swadaya Catat Meter (SwaCam) yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.
Melalui fitur ini, pelanggan dapat secara mandiri mencatat angka stand kWh meter listrik di rumah masing-masing, serta langsung memperoleh estimasi tagihan bulanan secara cepat, akurat, dan transparan.
Baca Juga : PLN Teken Kerja Sama Pemanfaatan Gas Domestik di IPA Convex 2025
General Manager PLN UID Banten, Muhammad Joharifin menyampaikan, hadirnya fitur SwaCam merupakan bagian dari komitmen PLN dalam mendukung transformasi digital dan meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan.
“Fitur SwaCam memberikan kenyamanan dan efisiensi lebih bagi pelanggan. Mereka dapat melakukan pencatatan angka meter sendiri, sehingga privasi lebih terjaga dan risiko kesalahan pencatatan dapat diminimalkan,” ucap Muhammad Joharifin, Jumat (23/5/2025).
Baca Juga : Pasang Listrik Bisa Sekali Klik, Lebih Mudah PLN Mobile
Muhammad Joharifin menambahkan, SwaCam sangat bermanfaat, terutama bagi pelanggan dengan kWh meter yang berada di dalam rumah, di balik pagar terkunci, atau rumah yang tidak selalu dihuni.
Fitur SwaCam dapat digunakan setiap tanggal 23 hingga 27 setiap bulan. Pelanggan cukup mengambil foto stand meter melalui aplikasi, memasukkan angka yang tertera, dan mengirimkannya. Estimasi tagihan listrik akan langsung ditampilkan, sementara tagihan resmi akan keluar di awal bulan berikutnya.
“PLN mendorong seluruh pelanggan untuk segera mengunduh dan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Fitur-fitur seperti SwaCam kami hadirkan sebagai solusi praktis untuk pengelolaan konsumsi listrik yang lebih efisien dan transparan,” ujar Muhammad Joharifin.
Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, PLN Perkuat Sinergi dengan Ombudsman Banten
Berikut langkah mudah menggunakan SwaCam:
1. Buka aplikasi PLN Mobile.
2. Pilih menu Catat Meter.
3. Klik Mulai SwaCam dan ambil foto angka stand meter.
4. Pilih ID Pelanggan.
5. Masukkan angka stand meter sesuai yang terlihat di kWh meter.
6. Kirim data.
Muhammad Joharifin menegaskan, PLN akan terus menghadirkan layanan berbasis digital yang berorientasi pada kemudahan dan kepuasan pelanggan.
“PLN terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik melalui digitalisasi dan inovasi berkelanjutan. Kami mengajak seluruh pelanggan untuk memanfaatkan fitur-fitur praktis PLN Mobile, demi kemudahan dan kenyamanan bersama,” kata dia. (Ahmad)