634 Calhaj Asal Lebak Tunggu Kepastian Pemberangkatan

Ilustrasi Ibadah Haji (Foto: nu.or.id)

LEBAK, BINGAR.ID – Sebanyak 634 Calon Jemaah Haji (Calhaj) asal Kebupaten Lebak, masih menunggu jadwal kepastian pemberangkatan ke tanah suci. Soalnya sampai saat ini Pemerintah Arab Saudi masih menangguhkan pelaksanaan ibadah haji akibat wabah coronavirus atau Covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Lebak Akhmad Tohawi menuturkan, pihaknya belum tahu sampai kapan masa penangguhan itu berlaku. Mengingat kebijakan itu merupakan ketentuan yang ditetapkan pemerintah setempat.

Baca juga: Penyuntikan Meningitis Ratusan Calon Jemaah Haji Pandeglang Dihentikan Sementara

Namun demikian, bukan berarti proses administrasi ikut terhambat.

“Untuk tahun sekarang yang sudah deal berangkat sebanyak 634 jemaah yang sudah dipastikan mereka harus berangkat,” kata Akhmad Tohawi, Rabu (18/3/2020).

Sementara berkaitan dengan wabah Covid-19, Tohawi mengingatkan kepada calon tamu Allah SWT, untuk menjaga kondisi kesehatannya dengan menjaga pola makan dan memeriksakan diri ke tempat kesehatan terdekat sebelum nanti diperiksa tim kesehatan dari petugas haji.

“Waspada, mendekatkan diri kepada Allah dan menjaga pola hidup bersih dan sehat,” pesannya.

Terpisah, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kemenag) Lebak Humaedi Hakim menyampaikan, terkait penundaan pelaksanaan umrah dan haji sudah disosialisasikan kepada para calon jemaah.

“Wabah corona ini memang luar biasa. Maka kami mengajak masyarakat bersama-sama berdoa semoga ini (Covid-19, red) cepat hilang,” tutupnya. (Sajid/Red).

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru