Tiga Ruas Jalan di Pandeglang Diusulkan Dibangun Kementerian PUPR

Jalan di Pandeglang

Kepala DPUPR Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat. (Dok. Bingar)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang mengusulkan tiga ruas jalan untuk dibangun oleh Kementerian PUPR.

Ketiga ruas jalan itu diantaranya ruas Langensari-Kadubera di Kecamatan Saketi sepanjang 5 kilometer dan Jalan Sudimanik-Cibaliung sepanjang 7,9 kilometer.

Kepala DPUPR Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan pembangunan tiga ruas jalan itu melalui Instruksi Presiden (Inpres).

Baca juga: Pembangunan Jalan Ciherang Diyakini Jadi Pengungkit Ekonomi Warga

“Inpres itu berisi penanganan jalan kabupaten oleh kementerian. Kami sudah mengusulkan ke Kementerian PUPR melalui BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional) dan sudah berapa kali ekspos. InsyaAllah ini sedang berproses,” kata Asep, Sabtu (13/5/2023).

Dirinya menuturkan, alasannya pengusulan tiga ruas jalan itu karena Pemkab kekurangan anggaran. Sementara Pemkab ingin adanya percepatan pembangunan.

“Karena Pemkab mengalami keterbatasan anggaran. Sementara bupati ingin percepatan infrastruktur jalan, sehingga harus ada penanganan yang cepat salah satunya mencari peluang agar jalan itu dikelola otoritas lain yang dianggap lebih mampu,” jelasnya.

Asep menerangkan, setelah melalui beberapa kali ekspos bersama BPJN Banten, ruas Jalan Langensari-Kadubera yang kemungkinan akan dibangun terlebih dahulu. Rencananya jalan tersebut akan dibangun dengan sistem betonisasi.

Baca juga: DPKPP Pandeglang Bangun Jalan Lingkungan Sepanjang 18,3 Km

“Namun hasil sementara dari ekspos ada satu ruas jalan yang kemungkinan disetujui oleh BPJN. Karena prosesnya panjang. Dari BPJN dulu, ke PUPR, Bappenas, dan terakhir Kemenkeu,” terang dia.

Dia mengungkapkan, pembangunan jalan tersebut akan terpisah pembangunan jalan yang bersumber dari DAK maupun APBD, serta anggaran dari dana Aspirasi Anggota DPR RI.

“Jadi Inpres ini melalui Kementerian PUPR, sementara kita hanya perencanaannya saja,” tutup Asep. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru