Sepele, Sih! Tapi Minum Air Putih Sisa Semalam Ternyata Enggak Baik

Air putih sisa semalam

Ilustrasi air putih sisa semalam. (Pexels)

BINGAR.ID – Pernah tidak saat bangun tidur Anda minum air putih sisa semalam yang ditaruh di meja untuk melepas dahaga? Mungkin Anda berpikir tidak ada yang salah dengan meminum air sisa semalam. Padahal kebiasaan minum air sisa semalam bisa berbahaya bagi kesehatan, lho!

Mungkin selama ini belum mengetahui efek minum air yang sudah ditinggalkan semalaman. Membawa air minum ke dalam kamar sebelum tidur malam menjadi sebuah kebiasaan yang terlihat wajar.

Alih-alih keluar kamar untuk minum, menyimpan air putih semalaman di dalam kamar bisa menjadi cara menghilangkan dehidrasi selama tidur. Hal tersebut tanpa disadari menjadi kebiasaan kebanyakan banyak orang.

Baca juga: 5 Minuman Alternatif Atasi Dehidrasi Selain Air Putih

Namun tahukah, ternyata muncul perdebatan mengenai air putih sisa semalam yang dibawa ke kamar tersebut. Dikutip dari Grid, berikut ini bahayanya minum air putih yang didiamkan semalaman.

Tidak Lagi Steril

Kita menyangka bahwa tidak apa-apa meminum air yang didiamkan semalaman dan meminumnya di pagi hari. Namun, ternyata ada yang berasumsi bahwa air putih sisa semalam tersebut kotor dan sudah tak layak konsumsi.

Air yang dibiarkan di gelas terbuka tidak benar-benar bersih. Debu, serpihan, bahkan mungkin nyamuk lewat dan menjatuhkan sesuatu ke dalam permukaan gelas sehingga air tidak lagi steril.

Botol minum yang tertutup pun sebenarnya bukan tempat yang aman untuk menyimpan air jika kita sudah pernah meminumnya. Leher botol yang sudah kontak dengan mulut membuat air sudah terkontaminasi.

“Air liur kita mengandung bakteri, demikian juga kulit bibir kita. Itu sebabnya sisa air yang sudah dibiarkan berjam-jam sebenarnya sudah mengandung bakteri,” kata dokter Marc Leavey.

Baca juga: Heboh Madu Palsu, Simak Cara Mudah Kenali Madu Asli

Ia menyarankan agar kita tidak menyisakan air di botol minum terlalu lama jika sudah pernah meminumnya. Karena di tubuh kita ada jutaan bakteri.

Sebenarnya meminum sisa air di botol atau gelas tidak akan menyebabkan penyakit serius. Tapi tetap tidak disarankan untuk berbagi gelas atau botol minum dengan orang lain. Meski air di gelas meja makan masih dalam kategori aman, tidak demikian halnya dengan sisa air di botol yang tertinggal di dalam mobil.

Sisa air di botol yang sudah pernah kita minum bisa terpapar panas sehingga menjadi tempat untuk perkembangbiakan bakteri. Beberapa jenis botol plastik juga mengandung zat kimia BPA yang bisa larut ke dalam air jika terpapar panas dalam waktu lama.

Sudah banyak penelitian yang mengungkap bahaya pada kesehatan, salah satunya mengganggu keseimbangan hormon.

Usai mengetahui hal tersebut, jangan lagi menyisakan minuman atau meminum air putih sisa semalam ulagi ya. (Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru