Puluhan Personel Polres Pandeglang Jaga Ketat Perayaan Waisak di Labuan

Suasana kebaktian dan sembahyang umat Budha dengan Tema Moderasi Beragama Membangun Kedamaian, pada saat perayaan Hari Raya Waisak di Vihara Labuan, Kamis 19 Mei 2022 malam. Istimewa

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dalam rangka memberi keamanan bagi masyarakat, terutama untuk memberi rasa nyaman dalam pelaksanaannya. Puluhan personel Polres Pandeglang bersama unit Jibom dan Gegana Brimob Polda Banten, serta sejumlah anggota TNI dari Koramil Labuan, lakukan pengamanan acara Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak Tahun 2566 BE atau tahun 2022 M, di Vihara Buddha Ratana, Kampung Pasar Labuan, Desa dan Kecamatan Labuan, Pandeglang, Kamis 19 Mei 2022 malam.

Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah, mengatakan, bahwa penjagaan dan pengamanan perayaan Hari Raya Waisak di Vihara Labuan tersebut, sudah menjadi tanggungjawab Polri untuk melakukan pengamanan dan memberi perlindungan pada masyarakat, tanpa melihat ras, suku atau agama. Karena Polri memiliki moto “Rastra Sewakotama” atau Abdi Utama bagi Nusa Bangsa.

Baca Juga : Polres Pandeglang Berhasil Amankan Ribuan Botol Miras di Kos-Kosan

“Ini sudah menjadi tugas kita, untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Dan kegiatan pengamanan seperti ini, tidak hanya pada saat perayaan Waisak saja. Kita akan berupaya berikan pelayanan, pengayoman dan akan selalu menjaga ketertiban di tengah masyarakat, apa pun bentuk kegiatan maupun acaranya,” jelas AKBP Belny saat itu.

Dikatakannya juga, bahwa Polres Pandeglang untuk giat pengamanan Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak di salah satu Vihara yang ada di Kecamatan Labuan itu, telah menugaskan Kapolsek Labuan AKP Jaenudin. SH dan Kabagops Polres Pandeglang, Kompol Yoggie Roozandi, untuk memberi keaman dan kenyamanan pada masyarakat yang sedang beribadah.

Baca Juga : Polres Pandeglang Berhasil Amankan 23 Kg Sabu Dengan 7 Orang Tersangka

“Selain itu, Polri saat ini dituntut untuk prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat, atau biasa disebut Presisi Polri, jadi pengamanan yang kita lakukan ini, bagi kami sudah menjadi sebuah kewajaran, bukan berarti kita curiga atau adanya indikasi gerakan intoleran,” tambahnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Pandeglang, Kompol Yoggie Roozandi, menjelaskan. Bahwa pasukan pengamanan yang ada di lapangan, kurang lebih 30 personel yang tergabung dari Polres Pandeglang, Polsek Labuan, dan tim Jibom dan Gegana Brimob Polda Banten, dibantu oleh sejumlah personil TNI dari Koramil Labuan.

Baca Juga : Sudah Beraksi di 20 TKP, Komplotan Pencuri Hewan Ternak Dibekuk Polres Pandeglang

“Kondisi dilapangan cukup kondusif, aman dan tertib. Dan perayaan Hari Raya Trisuci Waisak, dalam bentuk Kebaktian dan sembahyang umat Budha dengan Tema Moderasi Beragama Membangun Kedamaian, yang dipimpin Hendra Alias Ahong, dengan jumlah sekitar 60 orang tersebut, berjalan lancar,” terang Kompol Yoggie.

“Dan yang pasti, bahwa giat ini berangkat dari niat yang baik, kami menggemakan Waisak, berusaha dengan cara baik, kami mendukung gema Waisak, dengan tujuan baik, semoga mendapat manfaat dari gema Waisak, Kepada segenap Insan yang peduli akan kebajikan, mari kita berbuat Baik sebagai Gemanya Waisak,” pungkasnya. (Aditya-Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru