Program Kerja APDESI Harus Jelas dan Selaras

Program Kerja APDESI

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menghadiri Muscalub APDESI di Wira Carita, Rabu (27/7/2022),. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pandeglang menggelar Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) masa khidmat 2022-2027 di Hotel Wira Carita, Rabu (27/7/2022) dan dihadiri oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Dalam kesempatan itu, Irna menekankan bahwa APDESI memiliki peran dan fungsi untuk memberikan saran dan masukan bagi setiap aturan yang dibuat oleh desa. Dengan fungsi ini, Irna berharap dapat menciptakan satu terobosan bagi kemajuan di desa.

Baca juga: APDESI Pertanyakan Urgensi Pembatalan Pilkades di Bulan Juni

“Pembangunan itu bertumpu di desa, yang punya wilayah adalah desa, saya apresiasi Kepala Desa yang produktif dan aktif,” sanjungnya.

Irna menilai, APDESI merupakan wadah yang yang dapat memajukan daerah. Untuk itu program kerjanya harus jelas dan selaras baik dengan daerah maupun pusat.

“Ini jadi lokomotif yang dapat membentuk kepala desa menjadi cerdas, aktif, inovatif dan produktif. Saya harap musyawarah mufakat dalam pelakanaan Muscablubnya. Kedepankan kebersamaan sehingga bisa terpilih pemimpin yang bisa mengayomi,” sambungnya.

Baca juga: Desa Ciinjuk di Pandeglang Ditunjuk Jadi Rumah Restorative Justice

Ketua Panitia Pelaksana Muscablub APDESI Dedi Rifaldi mengatakan, ada tiga calon yang maju pada Muscablub kali ini. Ketiganya yaitu Iib Kades Munjul Kecamatan Munjul, Muhadi Kades Koroncong Kecamatan Koroncong, dan Cecep Muhidin Kades Cibarani Kecamatan Cisata.

“Dari tiga calon itu hanya satu calon yang sah setelah dilakukan verifikasi yaitu Cecep Muhidin. Untuk Iib kurang rekomendasi, sedangkan Muhadi mengundurkan diri,” terangnya.

Baca juga: Kemendes PDTT Luncurkan Program RPL Desa

Sementara Ketua Domisioner DPC APDESI Pandeglang Ibnu Hajar mengatakan, ada dua alasan pihaknya melakukan pengunduran diri dari jabatan APDESI, pertama kata Ibnu terkait kesehatan dan kedua pihakya ingin fokus menyongsong Pilkades mendatang.

“Kità sadari ada sedikit gangguan kesehatan, kita juga ingin fokus hajat besar untuk Pilkades di 2023,” pungkasnya. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru