Polda Terjunkan Personel Berkemampuan Kontijensi Bencana di Pilkades Lebak

Pilkades Lebak

Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra. (Tengah). (Istimewa)

LEBAK, BINGAR.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Banten menegaskan akan menerapkan strategi pengamanan overestimate pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lebak pada 24 Oktober 2021 mendatang.

“Sesuai hasil mapping, terdapat 45 desa terkualifikasi sangat rawan, 108 desa rawan dan 112 desa kurang rawan, potensi kerawananan yang cukup tinggi perlu diantisipasi supaya tidak ganggu kondusifitas saat ini, termasuk dari potensi munculnya klaster baru Covid-19 dan kontijensi bencana alam,” kata Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Kapolda Banten Ingatkan Personel Lakukan Pengamanan Pilkades Sesuai SOP

Namun begitu Kapolda menegaskan bahwa personel yang melakukan pengamanan di TPS tidak dilengkapi senjata api. Hanya saja dia menginstruksikan agar panitia TPS memastikan peralatan protokol lengkap dan membuka gerai vaksin disetiap TPS demi mencegah terjadinya klaster Covid-19.

“Untuk pelaksanaan Pilkades telah memerintahkan Kapolres Lebak agar pastikan TPS dapat membuka gerai vaksin sehingga pemilih dapat divaksin pasca gunakan hak suara,”Ujar Rudy Heriyanto.

Sementara Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra menyampaikan, penempatan personel yang akan melakukan pengamanan dilakukan dengan dibuat 6 zonasi.

“Untuk penempatan zonasi yaitu zona I di Maja, zona II di Muncang, zona III di Leuwidamar, zona IV di Lebakgedong, zona V di Bayah, dan Zona VI di Banjarsari,” ujar Teddy Rayendra.

Baca juga: Kalah Pilkades, Calon dan Simpatisan Diingatkan Tidak Bertindak Barbar

Selanjutnya Teddy Rayendra mengatakan personel untuk pengamanan di 1.655 TPS sebanyak 1.322 personel yang terdiri dari unsur kepolisian dan 3.314 pers Linmas, total personel yang akan melakukan pengamanan pilkades di Lebak sebanyak 4.636 personel.

“Pola PAM di TPS yang sangat rawan 1:2:2 yaitu 1 TPS diamankan 2 pers Polri dan 2 Linmas, dan TPS rawan 2:2:4 yaitu 2 TPS diamankan 3 pers Polri,” bebernya.

Teddy Rayendra menjelaskan tiap zona ditempatkan 1 pleton Brimob dan 1 pleton Dalmas yang senantiasa mobile di-cover area masing-masing dengan keterampilan tangani kontijensi

“Personel Brimob akan ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Satbrimob Polda Banten ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Korps Brimob ditempatkan di Polres Lebak, Cipanas, Warunggunung dan Malingping, juga memiliki keterampilan dalam penanganan situasi kontijensi, 250 Pers BKO Dalmas Polda Banten akan ditempatkan di 10 Polsek, dan 352 pers BKO TNI dari Kodim 0603/Lebak,” jelas Kapolres.

Baca juga: Terapkan Overestimate, 4.189 Personel Gabungan Disiagakan Amankan Pilkades Pandeglang

Adapun pelaksanaan Pilkades di Lebak akan dilaksanakan di 265 desa yang tersebar di 28 kecamatan dan 1.656 TPS.

“Mari bersama-sama hindari money politic, hoax, intimidasi dan patuhi protokol kesehatan sehingga Pilkades berlangsung aman, sehat dan kondusif,” pesan Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga. (Agisna/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru