MUI Imbau Ormas Tak Gelar Kegiatan yang Undang Massa Banyak  

MUI Imbau Ormas Tak Gelar Kegiatan yang Undang Massa Banyak   

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhyidin Junaidi (Foto: Kiblat.net)

JAKARTA, BINGAR.ID – Mengantisipasi penyebaranluasan virus corona atau COVID-19, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhyidin Junaidi mengimbau agar semua organisasi masyarakat (ormas) untuk menunda kegiatan yang bersifat massal atau yang mengikutsertakan orang banyak.

Hal tersebut dikarenakan virus corona menyebar secara cepat dan penyebaranannya pun melalui udara sehingga tidak dapat terlihat olah kasat mata manusia.

“Karena virus ini sangat cepat menyebar dan tidak bisa dideteksi dengan mata telanjang dan dia bisa menyebar melalui udara, maka sebaiknya ditunda event-event seperti itu,” tutur Muhidin di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, langkah tersebut juga dilakukan diberbagai negara di dunia yang menghentikan sejumlah kegiatan dengan melibatkan banyak orang. Seperti liga sepak bola Swiss, dan pembatalan konser.

“Bahkan di Iran, salat jumat pun ditiadakan karena mereka khawatir. Mudah-mudahan bangsa ini bisa selamat,” terangnya.

Meski begitu kata dia, kegiatan yang melibatkan massa dengan jumlah besar itu boleh saja dilakukan asalkan ada jaminan kebersihan. Namun menurutnya lebih baik untuk ditunda.

“Kecuali kalau diadakan secara higienis, protektif dan garansi kesehatan,” tandasnya. (Abdul Azis/Red).

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru