Menggali Potensi Desa Sukadame Melalui KKM STISIP Banten Raya

Poto bersama Mahasiswa STISIP Banten Raya yang tergabung dalan Kelompok IV pada saat KKM di Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Pandeglang, dengan para pegawai desa, Istimewa

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dalam rangka pengabdian para mahasiswa di tengah masyarakat, atau biasa disebut Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), dilaksanakan dengan cara pendekatan lintas keilmuan dan sektoral selama satu bulan di salah satu desa. Dimana kali ini, para mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok IV STISIP Banten Raya angkatan tahun 2020, memilih Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, sebagai lokasi KKM-nya.

Nunu Nurazizah, selaku Ketua Kelompok IV KKM STISIP Banten Raya ini, mengaku bila penempatan lokasi KKM tersebut, selain sudah ditentukan oleh pihak kampus, juga sudah menjadi kesepakatan bersama, antara dirinya dengan rekan-rekan mahasiswa lainnya yang tergabung dalam Kelompoknya.

Baca Juga : Mahasiswa KKM Kelompok Tiga Gelar Baksos di Desa Sinargalih

“Lokasi KKM di Desa Sukadame ini, selain ditentukan oleh pihak kampus, juga menjadi pilihan dari kami. Namun terlepas itu semua, yang pasti ini akan menjadi sebuah pengalaman baru bagi kami, dalam rangka mempersiapkan diri untuk kembali menyatu dengan masyarakat setelah lulus kuliah nanti. Terutama dalam upaya penerapan keilmuan yang kami peroleh selama menjadi mahasiswa,” jelas Nunu, Rabu 1 Februari 2023.

Hal senada pun diungkapkan Nurkholifah Ruyaningsih, yang mengatakan, bahwa KKM yang dilaksanakan selama 1 bulan di Desa Sukadame tersebut, menjadi pengalaman baru dan yang pertama baginya. Bahkan dia pun berharap, apa yang dia dan kawan-kawan mahasiswa lainnya berikan pada masyarakat, bisa menjadi nilai manfaat kedepannya.

Baca Juga : KKM Stisip Banten Raya Gelar Khitanan Massal di Cimanuk

“Ini menjadi sebuah pengalaman paling berharga bagi kami, meskipun yang kami berikan pada masyarakat hanyalah sebuah teori, tapi semoga akan menjadi nilai manfaat kedepannya. Namun demikian, ada beberapa kegiatan yang memang langsung kita kerjakan sendiri, seperti halnya membuat Website Desa, yang kita beri nama Sistem Informasi Pemerintahan Desa (SI PEDE) berupa Aplikasi,” ungkap Nurkholifah.

Nurkholifah Ruyaningsih ini pun menambahkan, selain membuat Aplikasi SI PEDE, dirinya beserta rekan mahasiswa lainnya, juga membantu mengajar di salah satu Madrasah Ibtidaiyah, sambil terus berkegiatan gali potensi desa, dengan melakukan penyemaian bibit cabe dan tomat, mengunjungi sejumlah Home Industri, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan limbah plastik, menjadi kerajinan tangan, dan masih banyak lagi program lainnya, yang akan dilaksanakan selana satu bulan kedepan.

Baca Juga : 383 Mahasiswa STAI dan STKIP Babunajah Menes Diwisuda

“Kegiatan KKM kami di Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran ini, sudah berjalan sejak 23 Januari kemarin, rencananya kegiatan ini akan kita laksanakan hingga 22 Februari nanti. Diharapkan dengan dilaksanakannya KKM ini, bisa memberi nilai positif bagi kami secara pribadi, maupun masyarakat secara umum. Karena setinggi apa pun ilmu pengetahuan kita, tidak akan pernah menjadi apa-apa sebelum kita berbuat nyata,” pungkasnya.

Sekedar informasi, bahwa kegiatan KKM Kelompok IV STISIP Banten Raya angkatan 2020, dilaksanakan mulai 23 Januari hingga 22 Februari 2023, di Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Pandeglang. Dengan jumlah 9 orang mahasiswa, yakni Nunu Nurazizah (Ketua kelompok), Muhamad Afrijal dan Mohammad Aldi Surya Alfiatna (Sekretaris), Ai Siti Mahfudoh, Rifal Sari Jumatullah, Endang Wisastra, Ahmad Firlana Rizaldi (Humas), Tatu Firda Rahayu serta Nurkholifah Ruyaningsih (Konsumsi). (Adytia)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru