Jelang Ramadan, Disperindag Lebak Gelar Pasar Murah

Jelang Ramadan, Disperindag Lebak Gelar Pasar Murah

Jelang Ramadan, Disperindag Lebak Gelar Pasar Murah (Foto: Syamsul/bingar.id)

LEBAK, BINGAR.ID – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak menggelar pasar murah untuk menekan kelonjakan harga bahan pokok jelang bulan suci Ramadan 1441 Hijriah.

Pasar murah tersebut digelar diseluruh kecamatan di Kabupaten Lebak. Kali ini, pasar murah tersebut digelar di Kecamatan Wanasalam, Senin (20/4/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Lebak, Agus mengatakan, pelaksanaan pasar murah merupakan kegiatan rutin setiap tahun, terutama saat memasuki  bulan suci Ramadan.

“Kami rutin setiap satu tahun sekali, kegiatan rutin kami dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Ramadan,” kata Agus, Senin (20/4/2020).

Agus menerangkan, pendistribusian sembako murah ini sudah berlangsung sejak pekan lalu. Dari 28 kecamatan yang ada di kabupaten Lebak, pihaknya mengklaim sudah mendistribusikan kebutuhan di 16 kecamatan.

“Kami sampai hari ini sudah 16 kecamatan yah, pembagiannya beda waktu. Mulai dari hari Kamis kemarin tanggal 16 April,” ujarnya.

Dalam pasar murah tersebut, harga komoditi sembako yang dijual Disperindag lebih murah dibanding dengan harga pasaran. Seperti minyak goreng dengan ukuran 2 liter yang biasanya seharga Rp13 ribu, Disperindah hanya menjual dengan nilai Rp9 ribu.

 “Harga-harga kami dibawah harga pasar. Minyak kalau harga pasarnya Rp13 kami jual Rp9 ribu,” pungkasnya.

Terpisah, Camat Wanasalam Cece Saputra mengatakan, tercatat sebanyak kurang lebih 1,000 paket sembako yang didistribusikan Disperindag ke Kecamatan Wanasalam. Dari 1,000 paket sembako itu terbagi ke dalam empat item yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Cece juga mengaku, pasar sembako murah ini selalu ada setiap jelang bulan suci ramadhan. Namun, mekanisme yang saat ini diterapkan memang berbeda dari tahun lalu. Lantaran, menghindari penyebaran virus corona.

“Kecamatan Wansalam 1,000 paket. (Berisi) beras, minyak, gula, (tepung) terigu. Pasar sembako murah jelang Ramadan selalu ada tapi separuhnya kami distribusikan ke kantor-kantor desa agar menghindari kerumunan masa,” ucapnya. (Syamsul/Red).

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru