Hadapi Ancaman Resesi Global, Ini Sektor yang Akan Diperkuat Pemkab Pandeglang

Lelang Jabatan

Bupati Pandeglang, Irna Narulita. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang sesumbar akan menguatkan sektor pertanian dan pemberdayaan UMKM untuk menghadapi ancaman resesi global tahun 2023 mendatang.

“Sektor produksi pertanian, pangan saja. Karena kita daerah maritim. Lalu UMKM kita. PDRB-kan sebagian besar uangnya dari UMKM,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Lampaui Rerata Nasional, Pertumbuhan Ekonomi Banten Tembus 5,70 Persen

Bupati menjelaskan, dari sektor pertanian, pihaknya akan meningkatkan produksi pangan lokal agar tidak lagi bergantung pada produksi daerah lain.

“Distribusi pangan jangan sampai macet, berarti petani kita jangan mengandalkan dari daerah lain. Mengapa tidak produksi dalam daerah kita tidak didorong? Lalu hal-hal yang lain berupa pemberdayaan masyarakat termasuk UMKM. Setiap kali ada Bimtek yang ada goodie bag, manfaatkan produk UMKM sehingga uang berputar di sana dan kita bisa sehat,” bebernya.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Diklaim Membaik, Ini Sejumlah Indikasinya

Lebih jauh Irna menekankan kepada jajarannya dan masyarakat, agar bisa membelanjakan kebutuhannya di dalam daerah. APBD dan penggunaan Dana Desa, diminta untuk memanfaatkan produk-produk yang tersedia dalam daerah, sehingga perputaran ekonomi di Pandeglang meningkat.

“Produksi gabah petani harus bisa ditingkatkan, lalu bagaimana menekan angka kemiskinan ekstrim, anggaran dari APBD upayakan belanjakan di daerah, begitu juga dengan DD jangan dibelanjakan ke luar daerah sehingga daya beli masyarakat meningkat. Hal-hal seperti itu yang harus diantisipasi,” ucapnya. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru