F-PTK Banten Targetkan 50 Sekolah Dalam Aksi “Coral Reefs Goes to School”

F-PTK Banten

Sejumlah siswa SMAN 5 Kota Cilegon saat lakukan tehnik transplatasi terumbu karang, pada media tanam jaring laba-laba. Adytia

CILEGON, BINGAR.ID – Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Provinsi Banten terus maraton, mendatangi sejumlah sekolah, dalam mensukseskan program “Coral Reefs Goes to School” yang tujuannya, untuk mengenalkan serta mengedukasi siswa di tingkat SLTP maupun SLTA, tentang Terumbu Karang.

Nurwarta Wiguna, Koordinator F-PTK Banten mengatakan, bahwa program Coral Reefs Goes to School yang saat ini dilakukan, rencananya akan menargetkan kunjungannya ke 50 sekolah se Provinsi Banten, baik SLTP maupun SLTA yang rata-rata sekolahnya berada tidak jauh dari pesisir.

Baca Juga : Bersama Sejumlah Komunitas, FPTK Banten Lakukan Edukasi TERANG

“InsyaAllah, tahun ini F-PTK Banten akan kunjungi 50 sekolah, SLTP dan SLTA di Provinsi Banten ini, khususnya di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kota Serang dan Kota Cilegon. Saat ini, baru 3 sekolah yakni SMK Miftahul Falah Kabupaten Serang, SMKN 1 Bayah, Kabupaten Lebak dan SMAN 5, Kota Cilegon,” jelas Nurwarta, saat berada di SMAN 5 Kota Cilegon, Kamis 6 Juni 2024.

Dikatakannya juga, kegiatan sosialisasi dan edukasi Terumbu Karang tersebut, merupakan aksi dari Program Gerakan Membangun Terumbu Karang (Gerbang Terang) yang diluncurkan saat puncak peringatan Hari Kelautan Nasional ke-51 tahun 2023 di Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut, Banten.

Baca Juga : Dalam Program Konservasi Terumbu Karang, FPTK Teken Fakta Integritas

“Dalam acara peluncuran tersebut, hadir lima unsur Pentahelix, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon, Kepala Bank Indonesia (BI) Banten, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KKP) Banten, PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” terangnya.

“Selain itu, hadir juga dari Kantor Meteorologi Maritim Serang, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD), PT. Chandra Asri, PT. Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa Bali (SGPJB), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon, Krakatau Fin Swimming (KFS) Cilegon-Banten, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Cilegon, Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Siswa SD Negeri Widyatama Lebakgede, Kecamatan Pulomerak dan Media,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Kota Cilegon, Hj. Elly Herlina, mendukung kegiatan sosialisasi dan edukasi Terumbu Karang yang dinilainya penting bagi siswa maupun guru.

Baca Juga : Dukung Program Gerbang Terang, Siswa MIFA Siap Menjadi Pelopor

“Alhamdulillah, hari ini kami mendapatkan pengetahuan baru seputar pelestarian alam bawah laut, yakni tentang terumbu karang. Kami berharap nantinya bisa berkontribusi dalam kegiatan transplantasi secara langsung,” katanya.

Ketua OSIS SMAN 5 Kota Cilegon, Fabio Sopyan Ramadan (Kelas XI-3), mengaku bersyukur bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dari F-PTK Banten.

”Semoga nantinya kami bisa langsung turut serta dalam kegiatan transplantasi terumbu karang. Yang jelas, kegiatan hari ini keren dan menggugah hati kami untuk tergerak turut melestariakan terumbu karang,” ucapnya singkat. (Adytia)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru