Exit Tol Serang-Panimbang Seksi III Dikabarkan Berkurang, Begini Reaksi Pelaku Wisata

Exit Tol Serang-Panimbang Seksi III

Exit Tol Serang-Panimbang Seksi III yang menghubungkan Cileles-Panimbang dikabarkan berkurang menjadi dua, yakni hanya di Bojong dan Panimbang. (Insragram/@wikaserpan)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Pelaku wisata di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang cemas. Sebab usulan tiga pintu keluar atau exit Tol Serang-Panimbang Seksi III yang melintas dari Cileles, di Kabupaten Lebak sampai Panimbang di Kabupaten Pandeglang belum juga disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebelumnya Pemkab Pandeglang mengusulkan tiga exit Tol Serang-Panimbang, masing-masing berada di Kecamatan Bojong, Pagelaran, dan Panimbang. Namun belakangan exit tol Pagelaran dikabarkan dicoret.

Baca juga: Kemenkeu Belum “Restui” Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi III

Padahal keberadaan exit tol Pagelaran dinilai tak kalah penting sebagai penunjang sektor pariwisata karena letaknya yang berdekatan dengan sejumlah destinasi wisata di Carita dan Labuan.

“Kami selaku Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC), memohon kepada Bupati Pandeglang, Gubernur Banten, Menteri PUPR, dan presiden agar membuat exit tol arah ke Pagelaran, karena ini penting bagi masyarakat,” ujar Ketua KPPC, E Supriadi Franky, Kamis (4/8/2022).

Dia memandang, tidak adil bila hanya pintu keluar tol Bojong yang dibuka untuk menunjang kawasan industri dan Panimbang untuk Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

“Akan tetapi, di Pagelaran juga amat penting dalam menunjang pariwisata supaya sektor wisata Pandeglang, khususnya di wilayah Carita maju,” keluhnya.

Baca juga: Gubernur WH Selipkan Tol Serang-Panimbang dan Reaktivasi Kereta Api dalam RKPD Banten 2023

“Keberadaan Pintu Tol Pagelaran untuk mendekatkan akses menuju kawasan wisata Carita. Termasuk juga wisata religi, kuliner, alam, dan wisata buatan di Labuan dan Carita. Maka kami rasa penting exit tol Pagelaran,” desaknya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita juga mengaku kecewa dengan kabar dicoretnya Pagelaran dari salah satu exit tol sepanjang 33 kilometer itu. Padahal keberadaannya diyakini mampu mendorong kemajuan Pandeglang.

“Sebelumnya yang kita ajukan tiga titik salah satunya Pagelaran. Tapi yang di-ACC baru dua yakni Bojong dan Panimbang. Sedangkan untuk exit tol di Pagelaran belum disetujui,” tuturnya.

Baca juga: Nasib Empat SDN Terdampak Tol Serang-Panimbang yang Diresmikan Jokowi Terkatung-katung

Irna menegaskan bahwa ketiga pintu keluar Tol Serang-Panimbang di wilayahnya cukup penting. Mengingat investor bergantung kepada aksesibilitas.

“Para pengusaha tidak mau ke Pandeglang karena sekarang ini belum ada akses jalan tol. Sedangkan Pandeglang butuh investasi untuk kemandirian fiskal, maka saya harap pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang ini berjalan lancar,” tutupnya. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru