Dispora Pastikan Pelaksanaan Upacara 17 Agustus di Pandeglang Bisa Digelar

Upacara 17 Agustus

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Pandegalng Azis Saparudin. (Bingar/Syamsul)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pandeglang memastikan pelaksanaan upacara pengibaran bendara 17 Agustus 2021 bisa dilaksanakan.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Pandegalng Azis Saparudin mengatakan, dalam pelaksanaan upacara Hari Kemerdekaan Ke -76 pengibaran bendera bisa dilakukan oleh petugas dengan formasi 17-8-45. Hal itu berbeda dengan tahun 2020 lalu yang ditiadakan.

“Tahun kemarin kan tidak ada karena terhalang Covid ya. InsyaAllah untuk tahun sekarang sudah ada surat edaran dari Paskibra pusat serta dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, sepertinya kita melaksanakan upacara peringatan 17 Agustus. Namun, kita menyesuaikan juga dengan kondisi sekarang,” kata Azis, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Rutan Pandeglang Usulkan 57 Warga Binaan Dapat Remisi 17 Agustus 2020

Dikatakannya, regulasi yang digunakan dalam kegiatan pengibaran bendera tidak ada perbedaan antara pemerintah pusat hingga tingkat desa. Namun, untuk pelaksanaan waktu upacara pada tingkat kabupaten tidak boleh lebih dari pukul 10.15 WIB.

“Aturan itu juga kita sampaikan ke tingkat kecamatan, baik jumlah pengibar bendera maupun jumlah peserta upacara. Dan waktunya juga ditentukan, di bawah pukul 10.15 WIB. Kan kalau pusat itu waktunya 10.15, kalau untuk kecamatan, desa, dan OPD itu boleh di bawah jam tersebut,” ucapnya.

Sedangkan untuk jumlah peserta yang bisa menghadiri dari masing-masing Organisasi Prangkat Daerah (OPD) hanya diperbolehkan sebanyak 5 orang. Namun anak sekolah tidak diperbolehkan untuk hadir.

“Kalau jumlah peserta itu kita berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, kita ngambil tiap OPD 5 orang. Dan untuk anak sekolah atau siswa, kita larang,” terangnya.

Baca juga: Beberapa Lomba 17 Agustus-an Yang Terancam Punah

Lebih dari itu lanjut Azis, pihaknya juga sudah membentuk petugas pengibar bendera sejak Januari lalu.

“Untuk seleksi dan pelatihan Paskibra sudah sejak bulan Januari, itupun tim yang turun ke lapangan atau sekolah-sekolah. Jadi, tidak menimbulkan kerumunan dalam hal seleksi,” tandasnya. (Syamsul/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru