Covid-19 Melandai, Kunjungan ke Saung Kirai Mulai Ramai

Sejumlah wisatawan lokal, mulai ramai kunjungi Saung Kiray Sagang di Kecamatan Cibaliung. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang mulai melandai. Ahmad/Bingar.id

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Melandainya pandemi Covid-19 di Kabupaten Pandeglang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur ke tempat wisata. Salah satu dampak dari melandainya pandemi, yakni meningkatnya kunjungan wisatawan di Saung Kiray Sagang, Kecamatan Cibaliung.

Dalam beberapa bulan terakhir, tempat wisata ini mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, terutama sekitar Banten Selatan.

Baca juga: Sempat Anjlok, Wisatawan Mulai Padati Destinasi Gunung Torong

Hal ini terlihat pada Minggu, 26 Desember 2021, tiga kolam renang yang disediakan pengelola dipadati oleh pelancong yang sebagian besar didominasi oleh warga lokal.

Pengelola Saung Kiray Sagang, Iwan mengakui beberapa pekan terakhir tempatnya mulai ramai dikunjungi wisatawan. Bukan hanya karena pandemi yang melandai, hal ini seiring pula dengan waktu libur sekolah.

“Alhamdulillah (mulai ramai). Ini juga karena anak-anak sekolah kan mulai libur. Kemarin-kemarin sepi, sampai kolamnya kering karena tidak ada yang berenang, jadi kita kosongkan buat memangkas biaya operasional,” katanya, Minggu (26/12/2021).

Baca juga: Kembali Kunjungi Agrinex, Sandiaga Uno Bawa Optimisme Kebangkitan Pariwisata Pandeglang

Dia menyebut, wisatawan yang berkunjung sebagian besar dari warga-warga sekitar. Namun karena lokasi ini juga mempunyai penginapan, ada pula wisawatan dari luar daerah.

“Yang berkunjung biasanya dari warga Cimanggu, Malingping, Binuangeun, dan Labuan,” sebutnya.

Lokasi yang berdiri sejak 2014 ini, memang menjadi favorit warga sekitar. Selain memiliki suasana yang sejuk, tempat wisata ini juga terjangkau. Hanya dengan Rp10 ribu, wisatawan bisa berenang sepuasnya.

Baca juga: Rizki Harap Seluruh Stakeholder Berinovasi Tingkatkan Wisata Pandeglang

“Saya sama suami dan anak, tuh lagi pada berenang. Senang aja, Pak. Di sini adem karena di pinggir kolam ada sawahnya dan murah juga.  Saya sudah beberapa kali ke sini,” ujar Sari, warga Malingping, Kabupaten Lebak.

Saung Kiray Sagang ini terletak di Jalan Raya Cibaliung-Sumur. Untuk menuju lokasi ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Pandeglang, atau sekitar 3 jam dari ibukota Provinsi Banten. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru