Bosan Suasana Pantai di Lebak Selatan? Coba Rasakan Keasrian Wisata Air Cikoncang

Bosan Suasana Pantai di Lebak Selatan? Coba Rasakan Keasrian Wisata Air Cikoncang

Wisata Bendungan Air Cikoncang (Foto: Syamsul/Bingar)

LEBAK, BINGAR.ID – Bendungan Cikoncang yang berlokasi di Kampung Pasir Nangka, Desa Katapang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak kian ramai didatangi oleh wisatawan. Padahal, penataan objek wisata itu baru berlangsung selama satu tahun.

Akan tetapi saat ini, pesonanya bisa dibilang sudah bisa mengalahkan objek wisata lain yang ada di selatan Kabupaten Lebak.

Baca juga: Bendungan Cikoncang, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan

Hal itu cukup beralasan, soalnya bendungan yang dibangun sekitar tahun 1980-an itu memiliki keindahan alam yang berbeda dari objek lainnya di selatan Lebak yang biasanya didominasi oleh pemandangan pantai.

Di sini, selain air bendungan yang masih jernih, juga pemandangan alam yang masih asri sehingga wisatawan dimanjakan dengan kesegaran udara di bendungan Air Cikoncang.

Baca juga: Susuri Keindahan Air Terjun di Lebak yang Masih Asri

Selain pemandangan yang masih terjaga, fasilitas yang disediakan juga bervariatif. Wisatawan bisa mengelilingi bendungan menggunakan sepeda air rakit, lalu terdapat peternakan ikan air tawar terapung atau keramba yang dibudidaya oleh masyarakat.

Bahkan masyarakat juga bisa memesan langsung ikan tersebut untuk dimasak beserta paket nasi liwet.

Salah seorang pedagang disekitar lokasi, Syahrosi mengatakan, masyarakat Desa Katapang antusias untuk menata wisata alam tersebut. Meski sementara ini pengunjung lebih padat dihari libur akhir pekan.

Baca juga: Karang Bale, Spot Snorkling Keren di Pandeglang

“Berkat antusias masyarakat, di sini Alhamdulillah sudah mulai terlihat adanya keramaian dan keindahan wisata juga sudah terlihat Sabtu Minggu itu selalu ramai. Dan hampir kurang lenih 1.000 pengunjung,” kata Syahrosi, Minggu (20/9/2020).

Dia menyebut, bendungan Air Cikoncang memiliki luasan permukaan air sepanjang 2.254 hektare. Ia mengaku, saat ini belum ada wisata air yang ditata secara baik di Kabupaten Lebak selain bendungan Air Cikoncang.

 Saat ini baru ada di sini, dan sudah mulai terlihat adanya perkembangan meski baru satu tahun dari Desember 2019 lalu tapi sudah terlihat adanya perbedaan,” ucapnya.

Baca juga: Wahangan Cikalong, Wisata Murah di Pelosok Banten

Sementara seorang pengunjung Darwiyansyah mengaku nyaman saat berkunjung ke Bendungan Cikoncang. Karena lokasi yang masih asri nan sejuk sehingga nyaman untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

“Beda dari lokasi lain. Karena, di sini tidak panas dan enak ada vila apungnya juga di air. Jadi nyaman untuk berlibur bersama keluarga,” tandas antusias. (Syamsul/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru