Beragam Kegiatan Edukasi Terumbu Karang Digelar Dalam Program TJSL di Pulau Tunda

Lomba Mewarnai

Salah satu anak di Pulau Tunda yang mengikuti Lomba Mewarnai dalam kegiatan TJSL PT Telkom, bersamaan dengan Peringatan HKN ke 52 Tahun. Istimewa

SERANG, BINGAR.ID – Puluhan anak di Pulau Tunda, Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Banten bakal meriahkan momen Peringatan Hari Kelautan Nasional (HKN) ke-52, dengan mengikuti Lomba Mewarnai Gambar Terumbu Karang dan Baca Puisi.

Acara yang yang digelar Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten, dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jalatunda, serta Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) itu akan dilaksanakan, Senin 1 Juli 2024.

Baca Juga : Melalui Program TJSL, FPTK Berhasil Tanam 7.700 Fragmen Karang di Liwungan

“Acara ini merupakan rangkaian dari Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT. Telkom Indonesia di tahun 2024 ini, yang akan melaksanakan transplantasi Terumbu Karang di perairan Pulau Tunda sebanyak 3000 fragmen terumbu karang, atau sebanyak 250 rak jaring laba-laba,” jelas Nurwarta Wiguna, Koordinator F-PTK Banten.

“Penanaman Terumbu Karang di Pulau Tunda itu, rencananya akan dilaksanakan pada Selasa 2 Juli 2024, bertepatan dengan Peringatan Hari Kelautan Nasional ke-52. Sementara peluncuran programnya akan digelar pada akhir Juli ini,” sambungnya.

Dikatakannya juga, selain lomba untuk anak-anak di Pulau Tunda, PT Telkom Indonesia pun memfasilitasi Pelatihan Konservasi Terumbu Karang, dengan narasumber dari Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Serang, UPT Direktorat Jendral Pengelolaan Kelautan Dan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Baca Juga : F-PTK dan LAZ Harfa Survei Lokasi Konservasi Terumbu Karang di Pulau Tunda

“Selain lomba untuk anak-anak. PT Telkom juga memfasilitasi kegiatan pelatihan konservasi, serta pelatihan teknik pembuatan Media Transplantasi Terumbu Karang, bagi anggota Pokdarwis dan warga sekitar, disamping penayangan video kegiatan transplantasi terumbu karang pada anak sebagai upaya edukasi, maupun upaya menumbuhkan kesadaran dalam menjaga dan melestarikan terumbu karang,” tuturnya.

Sementara Ketua Pokdarwis Jalatunda, Sudirman mengungkapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, khususnya kepada PT. Telkom Indonesia yang telan mendukung upaya pelestarian terumbu karang, serta memberi edukasi kepada masyarakat maupun anak-anak.

Baca Juga : F-PTK Banten Kembali Perkenalkan Transplantasi Terumbu Karang ke Sekolah

“Alhamdulillah tahun 2024 ini, Pulau Tunda mendapatkan dukungan dari PT. Telkom Indonesia untuk lokasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan dengan mentransplantasi sebanyak 250 rak jaring laba-laba,” ungkap Sudirman.

Menurutnya, anak-anak yang ada di Pulau Tunda tersebut, terlihat sangat antusias dengan adanya kegiatan Lomba Mewarnai Gambar Terumbu Karang dan Baca Puisi.

“Saat ini sudah belasan anak mendaftarkan diri, untuk mengikuti kedua lomba tersebut. Sepertinya akan ada puluhan anak yang akan terlibat pada lomba-lomba kali ini,” pungkasnya. (Adytia)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru