Bendungan Cikoncang, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan

Bendungan Cikoncang, Kabupateb Lebak (Istimewa)

LEBAK, BINGAR.ID – Cikoncang, merupakan salah satu bendungan yang cukup besar dan menjadi salah satu objek wisata di Desa Katapang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Selain berfungsi sebagai penyedia air untuk kebutuhan masyarakat seperti kebutuhan rumah tangga dan pertanian. Bendungan Cikoncang juga sangat berpengaruh kepada perekonomian masyarakat.

Bangunan yang diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 2019 lalu oleh Bupati Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya, selalu dipadati pengunjung dari dalam dan luar wilayah Kecamatan.

Bendungan ini memiliki banyak daya tarik yang memanjakan mata, apalagi saat pengunjung diperkenankan menelusuri bendungan dengan menggunakan prahu yang disediakan oleh pengelola wisata.

Tak cukup disana, para pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan, seperti ikan yang didapat dari bendungan Cikoncang. Bendungan ini sangat pas untuk mengisi liburan.

“Kita bisa naik perahu bersama keluarga dan juga rakit ada juga bebek-bebekan. Setelah itu nanti kita makannya juga disini tinggal pesan saja, ada nasi liwet dengan menu ikan ada ikan emas ikan nila dan ikan gurame,” kata salah seorang pengunjung, Reki, Minggu (28/6/2020)

Bendungan Cikoncang, Kabupaten Lebak (Istimewa)

Sementara itu, Kepala Desa Katapang, Emed Kurniawan mengatakan, bagi para wisatawan yang datang agar selalu mentaati aturan yang dibuat pihak pengelola, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan bersama.

“Kami himbau Pengunjung juga selalu memperhatikan keselamatan dan kenyamanan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan juga  pengunjung di himbau untuk tidak melanggar aturan-aturan yang sudah di buat pengelola, tidak melakukan hal diluar batas wajar,” ujar Emed.

Untuk melengkapi fasilitas di area wisata pihak pengelola menyediakan tempat ibadah dan wc umum serta menyiapkan Hanstaizer sebagai himbauan  protokol kesehatan.

Selain itu, pihaknya berharap dengan adanya tempat wisata disana bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat Katapang.

“Bendungan Cikoncang memang harus dijadikan skala prioritas, agar nanti masyarakat dari segi ekonomi bisa meningkat dan pengangguran bisa berkurang di Desa Katapang,” pungkasnya. (Syamsul/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru