Atasi Kesehatan Mental yang Terdampak PPKM Darurat dengan Cara Ini

Kesehatan Mental

Filter informasi yang tak perlu adalah salah satu cara mengatasi kesehatan mental akibat pandemi Covid-19. (Unsplash/Leohoho)

BINGAR.ID – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang sudah berjalan dua pekan, menimbulkan sejumlah masalah lain, salah satunya soal kesehatan mental bagi mereka yang terdampak.

Bagi sebagian orang, pembatasan besa-besaran itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental serta psikis, seperti depresi, stress, insomnia, hingga curiga berlebihan kepada orang lain di sekitarnya yang sakit.

Baca juga: Jangan Ragu Berkhayal, Ahli Bilang Baik Buat Kesehatan Mental

Mengutip data Kaiser Family Foundation (KFF), sekitar 40 persen orang dewasa di Amerika Serikat khawatir atau stres terkait dengan virus corona telah berdampak negatif pada kesehatan mental mereka, termasuk 12 persen yang mengatakan itu memiliki dampak besar.

Sementara dilansir dari Mental Health, kesehatan mental penting di setiap menapaki fase kehidupan, mulai dari kanak-kanak sampai dewasa.

Kesehatan mental ialah kesejahteraan yang meliputi aspek emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Memiliki kesehatan mental yang baik bisa menjaga suasana hati tetap positif, sehingga kualitas hidup secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Baca juga: Gangguan Kesehatan Mental Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Lalu bagaimana menangani kesehatan mental dikala PPKM Darurat dan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung? Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Filter Informasi yang Tidak Perlu

Anda bisa memilah berita yang sudah tersebar luas, dan tidak mudah percaya dengan kabar yang ada. Tidak masalah jika Anda ingin beristirahat dari menonton, membaca, atau mendengar berita termasuk dari media sosial, kegiatan ini dapat mengurangi perasaan cemas dari tekanan berita-berita tentang pandemi Covid-19 ini.

Mengutip dari panduan WHO terkait menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19, carilah informasi terkini pada waktu tertentu, sekali atau dua kali sehari. Paparan pemberitaan yang tiba-tiba dan konstan dapat menyebabkan siapa saja merasa khawatir.

Apabila membutuhkan informasi, carilah untuk mengambil langkah-langkah praktis dengan tujuan mempersiapkan rencana melindungi diri sendiri dan orang terdekat seperti keluarga, teman, dan sebagainya.

2. Menjaga Kesehatan

Cara untuk mengatasi kesehatan mental karena pandemi adalah dengan mematahui protokol kesehatan, selain dapat mencegah virus Covid-19 hal ini juga dapat mengurangi rasa khawatir yang berlebihan.

Jika Anda masih harus melakukan kegiatan di luar rumah karena keadaan yang penting, pastikan membawa hand sanitizer untuk tetap menjaga tangan bersih dan bebas kuman. Jika memungkinkan segera cuci tangan dengan sabun.

3. Jalin Komunikasi Virtual

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan teman, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Kita bisa menceritakan perasaan apa saja yang dialami pada orang terdekat, seperti kekhawatiran dan kecemasan yang sedang Anda rasakan.

Ini bisa mengurangi tekanan serta dapat membuat Anda lebih tenang. Perasaan takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi, jadi Anda tidak perlu sedih lagi.

4. Tetap Berpikir Positif

Meskipun pandemi Covid-19 merupakan kabar yang kurang menyenangkan, Anda harus tetap positif menjalaninya.

Ada sisi positif yang dapat diambil dari masa PPKM Darurat ini, misalnya Anda jadi lebih punya banyak waktu untuk keluarga, dan kegiatan di rumah yang tidak bisa dinikmati sebelumnya. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru