Pari Terbesar di Dunia Ditemukan Terluka di Pulau Tunda Serang

Pari Manta yang merupakan salah satu biota laut yang di lindungi ditemukan di perairan Pulau Tunda, Kabupaten Serang (Istimewa)

SERANG, BINGAR.ID – Ikan Pari terbesar di Dunia ditemukan di perairan Pulau Tunda, Kabupaten Serang. Salah satu biota laut yang dilindungi itu pertama kali ditemukan oleh nelayan sekitar, pada Minggu (31/5) dengan kondisi terluka.

Seorang pemandu wisata sekitar, Aimanudin mengatakan, ikan tersebut berenang menghampiri kapal nelayan dalam kondisi lemas, karena ketidaktahuan nelayan, akhirnya menaikan Pari Manta ke atas kapal dan membawanya ke pantai.

“Kondisinya masih hidup tetapi ditemukan luka memar di bagian mata sebelah kiri dan mulut bagian luar,” kata Aminudin, Kamis (4/5/2020).

Kemudian Aminudin melaporkan penemuan ikan tersebut ke Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang, agar kembali dilepas liarkan ke tengah laut.

“Kami meminta nelayan untuk segera melepaskan kembali dan menggiring pari manta berenang hingga ke tengah laut,” jelasnya.

Sementara Kepala Kepala LPSPL Serang, Syarif Iwan Taruna Alkadrie, menyebut Pari Manta itu jenis manta oseanik (Mobula Birostris) yang diperkirakan memiliki lebar tubuh mencapai 1,8 meter dan berat sekitar 25 kilogram.

“Belum pernah ditemukan di sekitar Pulau Tunda, ini merupakan fenomena baru. LPSPL Serang rutin melakukan monitoring habitat karang di Pulau Tunda sejak 2017, tapi belum pernah kita temukan spesies ini,” katanya. (David/Red)

Berita Terkait