Kepatuhan Pelayanan Publik Pemkab Pandeglang Dinilai Meningkat

Bupati Pandeglang

Jajaran Pemkab Pandeglang menerima piagam penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Banten atas kepatuhan pelayanan publik di Pandeglang yang dinilai meningkat.

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten, memberikan apresiasi dan penghargaan predikat kepatuhan tinggi dan tertinggi – standar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang terkait pelaksanaan pelayanan publik di tahun 2023 hingga tahun 2024 yang mengalami peningkatan secara signifikan.

“Pandeglang luar biasa hasil penilaian kami terhadap pelaksanaan pelayanan publik di tahun 2023 yang kami lakukan penilaian di tahun 2024, mengalami peningkatan yang luar biasa. Nilainya 95,25 berada pada zona hijau kualitas A kualitas tertinggi, itu peringkat ke-3 di Provinsi Banten,“ ucap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten, Fadly Afriadi saat berkunjung ke Gedung Negara Pendopo Kabupaten Pandeglang, Kamis (23/1/2025).

Baca Juga : Tingkatkan Pelayanan, Kantor Bahasa Gelar Forum Konsultasi Publik

Fadly menyampaikan, Ombudsman melakukan penilaian kepatuhan atas penyelenggaraan standar pelayanan publik ini dengan metode wawancara, pengambilan data di lapangan, mengumpulkan eviden, dan survei dari masyarakat.

“Sehingga ini menjadi fakta bahwa Pemerintah Kabupaten Pandeglang melakukan pelaksanaan pelayanan publik dengan baik,” ujar dia.

Baca Juga : Sambil Menunggu TTE Plt Kadis, Pelayanan di Disdukcapil Pandeglang Tetap Berjalan

“Kami rasa itu sudah pendekatan yang sudah lengkap. Kami wawancara, kami ambil datanya, kami lihat bukti di lapangan dan meminta pendapat dari masyarakat. Artinya peningkatan ini bukan hanya disulap disaat kami datang, tetapi ini sesuatu yang dilakukan nyata di lapangan,“ ucap Fadly.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan pemberian penganugerahan ini akan dijadikan sebagai motivasi agar bisa memberikan pelayanan publik lebih baik lagi kepada masyarakat. Irna berharap kehadiran Ombudsman RI Perwakilan Banten bisa menjadi angin segar terhadap pelayanan Pemkab Pandeglang.

Baca Juga : Guna Tingkatkan Pelayanan, Pemkab dan BPN Pandeglang Bentuk Tim GATRA

“Penganugerahaan ini akan kami jadikan motivasi agar bisa memberikan pelayanan publik lebih baik lagi dan kami berharap kehadiran Ombudsman RI terkait prestasi kepatuhan pelayanan publik yang diraih ini menjadi aura positif dan harus di pertahankan serta ditingkatkan, guna terwujudnya pelayanan publik yang semakin berkualitas“, kata Irna. (Ahmad)

Berita Terkait