Dibanding Sekda, Irna Pilih Dahulukan Lelang Jabatan Kepala OPD

Lelang Jabatan

Bupati Pandeglang, Irna Narulita. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku akan mendahulukan proses lelang jabatan bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibanding open bidding untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Pasalnya saat ini banyak Kepala OPD yang mengalami kekosongan.

Irna menyebut, setidaknya ada sembilan OPD yang sekarang belum memiliki kepala difinitif. Diantaranya Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD), Disperindag ESDM, Dinas Pariwisata, dan Inspektorat.

“Sekarang kan camat tujuh kosong, Kadis itu ada sembilan yang kosong jadi saya akan kedepankan Organisasi Prangkat Daerah (OPD) panitia seleksi untuk Sekda kan berbeda,” kata bupati, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Beda dengan Irna, Taufik Hidayat Blak-blakan Penunjukkannya Jadi Plh Sekda Pandeglang

Disebutkan Irna, untuk tahapan bakal bisa dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Sembari menunggu lelang jabatan, kesembilan posisi kepala dinas itu kini dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt).

“Kita lihat, nanti kan Oktober sudah bisa mulai,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta menyebut belum bisa melakukan lelang jabatan eselon II dibulan Oktober. Sebab pihaknya harus merampungkan Susunan Organisasi  dan Tata Kerja (SOTK) baru. Hanya saja, untuk jabatan camat ia mengakui bisa dilakukan rotasi mutasi pada Oktober mendatang.

“Kalau Oktober sampai Desember bisa saja kan nanti rotasi mutasi. Kalau lelang jabatan kemungkinan diakhir tahun, karena ada SOTK baru dahulu. Setelah SOTK baru selesai, baru kita layangkan (lelang jabatan eselon II, red),” kata Fahmi.

Baca juga: BKD Belum Minat Selenggarakan Open Bidding Meski Banyak Posisi Kepala OPD Kosong

Disebutkan Fahmi, saat ini terdapat tujuh eselon II yang mengalami kekosongan. Akan tetapi, hingga penghujung tahun 2021 ada dua pejabat eselon II bakal purna bakti.

“Saat ini ada tujuh eselon II yang kosong, ada dua lagi yang akan berakhir Pak Andi Sekertaris Dewan itu di Desember, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Dlh) berakhir di bulan November,” tandasnya. (Syamsul/Red)

Berita Terkait