Usai Lebaran, Seleksi Lelang Jabatan Tiga Kepala OPD Dibuka

Lelang Jabatan

Ilustrasi seleksi lelang jabatan. (Freepik)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pandeglang, Mohammad Amri menyebut, lelang jabatan untuk tiga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, akan mulai dibuka setelah Lebaran Idulfitri 2023.

Dia menuturkan, saat ini pemerintah masih fokus menyelesaikan seleksi lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda).

Baca juga: Komisi I DPRD Pandeglang Desak Pemkab Segera Buka Lelang Jabatan Eselon II

Dikethaui, tiga posisi pimpinan OPD yang kosong itu meliputi Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik), Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK), dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Kami akan mengadakan lelang jabatan abis lebaran paling lambat. Ada tiga OPD yang kosong,” ucap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pandeglang, Mohammad Amri, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Empat Kepala OPD di Pandeglang Bakal Kosong Sampai Tahun Depan

Soalnya kata Amri, bila sampai bulan Mei, maka jumlah kekosongan di OPD akan bertambah. Mengingat sampai bulan Mei, ada dua pejabat eselon II yang kembali pensiun. Keduanya yakni Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Kemungkinan kalau open bidding diadakan setelah Mei, akan bertambah dua OPD, Dindik dan Bappeda yang juga akan pensiun. Tapi kalau seandainya ada yang muncul jadi Sekda, maka ada enam OPD yang kosong. Sebab ada empat nama yang sedang mengikuti lelang jabatan Sekda,” ujarnya.

Baca juga: BKD Belum Minat Selenggarakan Open Bidding Meski Banyak Posisi Kepala OPD Kosong

Akan tetapi Amri mengklaim, banyaknya kekosongan jabatan di OPD itu tidak akan memengaruhi roda pemerintahan. Soalnya, organisasi pemerintahan masih bisa berjalan dengan penunjukkan Pelaksana Tugas (Plt).

“Kekosongan ini tidak akan menghambat, karena masih bisa dijalankan oleh Plt. Paling kita akan melakukan rotasi mutasi terlebih dahulu,” tutup dia. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru