Empat Kepala OPD di Pandeglang Bakal Kosong Sampai Tahun Depan

Kuota CPNS Pandeglang

Kepala BKD Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta (Foto: Dok. Bingar)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Empat jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pandeglang akan mengalami kekosongan. Pasalnya, empat pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Pandeglang akan pensiun pada tahun ini.

Namun begitu, Pemkab belum memulai tahapan lelang jabatan terhadap empat jabatan tersebut.

Kepala Badan Kepagawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta beralasan, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, menunda pembukaan lelang jabatan.

Padahal biasanya, Pemkab selalu memulai tahap lelang jabatan sebelum para pejabatanya pensiun. Dengan begitu ketika purna bakti, Pemkab sudah mendapati penggantinya.

“Harus melalui open bidding, tetapi kan dalam kondisi saat ini tidak memungkinkan. Tentunya dari peluang, sangat sulit kita tutup tahun ini, dalam kondisi begini,” katanya, Jumat (27/3/2020).

Fahmi menjelaskan, kekosongan itu bahkan diperkirakan akan terjadi sampai tahun depan. Soalnya belum diketahui kapan pandemi Covid-19 berakhir.

“Kita belum tahu kapan tahapannya akan dimulai karena sedang ada musibah corona. Itu kan butuh waktu dan proses. Tetapi intinya kalau kondisinya sudah aman kemungkinan diakhir kita open bidding-kan,” jelas Fahmi.

Apalagi tambah dia, tahun ini Pemkab tidak bisa lagi melantik para pejabat akibat Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang kembali melaju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) September mendatang. Sesuai aturan, petahana dilarang melantik ASN enam bulan sebelum dan sesudah penetapan calon.

“Kan ada lagi aturan tidak boleh melantik oleh bupati. Kalau pun (corona) sudah normal, harus izin dulu ke Kemendagri takut nanti dipermasalahkan,” sambungnya.

Maka dari itu, empat OPD itu kemungkinan akan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Namun begitu dia menjamin, roda pemerintahan akan tetap berjalan sebagaimana mestinya meski diisi oleh Plt.

“Artinya empat kepala OPD akan diisi oleh Plt sampai dengan terbentuk. Untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan di OPD-nya bisa lah dengan Plt,” tandasnya.

Adapun empat pejabat eselon II yang mengakhiri masa baktinya itu diawali oleh Entis Sutisna yang saat ini menjabat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM yang akan pensiun bulan Mei.

Lalu diikuti Agus Mustika Priyadi, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, disusul Syarif Hidayat yang menduduki posisi Kepala Dinas Pemukiman, Kawasan Perumahan, dan Pertanahan. Dan diakhir oleh Inspektur Inspekstorat Pandeglang, Olis Solihin yang pensiun dibulan Oktober. (Ahmad/Red).

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru