Usai Hadiah Bupati Cup Viral, Pejabat Dispora Enggan Beberkan Rincian Anggaran

Bupati Cup

Kasi Pembibitan dan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pandeglang, Ahmad Jubaedi. (Dok. Bingar)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pandeglang merahasiakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) pelaksanaan event olahraga Bupati Cup tahun 2021.

Kasi Pembibitan dan Prestasi Ahmad Jubaedi mengatakan, anggaran untuk pelaksanaan Bupati Cup 2021 menghabiskan anggaran Rp150 juta. Untuk hadiah pemenang Rp30 juta, sisanya untuk kegiatan empat cabang olahraga (Cabor) mulai dari Pencak Silat, Karate, Panjat Tebing dan Futsal.

“Itu semua (Rincian Anggaran-red) ada di DPA. Buat apa (minta DPA)? Jelas itu rahasia negara,” kata Jubaedi, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Hadiah Juara Panjat Tebing Bertajuk Bupati Cup di Pandeglang Bikin “Syok”

Namun Ketua Aktivis Nalar Pandeglang, Rudi Yana malah menyanyangkan pernyataan pejabat Dispora Pandeglang itu yang enggan memberitahu DPA tersebut. Padahal menurutnya, DPA adalah informasi publik yang harus disampaikan kepada masyarakat. Ditambah keterbukaan informasi publik sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008.

“DPA bukan rahasia negara. Setiap OPD harus ada keterbukaan DPA supaya transparansi, karena itu diperlukan sebagai wujud pertanggungjawaban atas penggunaan dana milik rakyat untuk mencegah penyalahgunaan dan praktik korupsi,” jelasnya.

Baca juga: Selain Panjat Tebing, Hadiah Juara Pencak Silat Bupati Cup Juga Dapat Rp45 Ribu

Diketahui kegiatan Bupati Cup 2021 di Pandeglang menjadi polemik. Pasalnya hadiah untuk para juara yang diberikan Dispora Pandeglang terbilang kecil bahkan dinilai tidak layak. Seperti halnya hadiah untuk juara III lomba Panjat Tebing yang hanya diberi Rp95.

Yang lebih parah untuk Cabor Pencak Silat yang juara III bersama hanya dihadiahi uang pembinaan sebesar Rp45 ribu. (Syamsul/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru