Selain Gunakan APBD, Peserta Bupati Cup Juga Dipungut Biaya Pendaftaran

Bupati Cup

Kasi Pembibitan dan Prestasi pada Dispora Pandeglang, Ahmad Jubaedi (baju biru) saat menyerahkan hadiah kepada salah seorang pemenang lomba. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Drama gelaran Bupati Cup yang sedang ramai tak cuma pada nilai hadiah yang kecil, tapi juga pada proses pendaftaran. Terungkap bila setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran.

Padahal ajang yang melombakan empat Cabor itu menggunakan dana APBD Pandeglang tahun 2021 senilai Rp150 juta.

Baca juga: Usai Hadiah Bupati Cup Viral, Pejabat Dispora Enggan Beberkan Rincian Anggaran

Biaya pendaftaran itu tertuang dalam surat undangan pada 6 Desember 2021 lalu, Dispora Pandeglang dengan nomor 426/347-Dispora/XII2021. Pungutan biaya pendaftaran berbeda-beda yakni cabang olahrga (Cabor) Futsal dipungut sebesar Rp200 ribu per tim, untuk Panjat Tebing sebesar Rp100 ribu per sekolah, Cabor Karate mulai Rp50 ribu per kelas dan yang terakhir Pencak Silat Rp20 ribu per kelas.

Kasi Pembibitan dan Prestasi pada Dispora Pandeglang, Ahmad Jubaedi mengakui perihal adanya pungutan biaya pendaftaran kepada para peserta dari empat Cabor Piala Bupati Cup 2021 tersebut.

“Nah, uang pendaftaran mensiasatinya seperti itu. Itu sudah kesepakatan bersama ketika empat Cabor dirapatkan, untuk mesiasati para peserta karena biasanya para peserta hanya daftar via telepon dan bagan dibuat tapi mereka tidak hadir dan banyak terjadi seperti Cabor sepak bola, volly ball, Cabor-cabor yang begitu, itu untuk mensiasati itu,” kata Bedi, Minggu (19/12/2021).

Baca juga: Hadiah Juara Panjat Tebing Bertajuk Bupati Cup di Pandeglang Bikin “Syok”

Anggaran uang pendaftaran yang diperoleh dipergunakan untuk menutupi kekurangan anggaran yang digelontorkan dari APBD.

“Itu untuk mereka yang mempergunakan, untuk tambah-tambah yang tidak ter-cover oleh kegiatan, karena dengan anggaran Rp150 juta (dari APBD-red) itu jauh panggang dari api ya kalau kita berbicara,” ucapnya.

Ia merinci, anggaran senilai Rp150 juta dari APBD yang di-ploting oleh Dispora Pandeglang untuk kegiatan dipergunakan untuk pembinaan kejuaran empat Cabor menelan anggaran sebesar Rp30 juta dan sisanya untuk kebutuhan kegiatan empat Cabor tersebut.

“Dari total anggaran Rp150 juta, yang diserap Rp147.075.000,-. Untuk uang pembinaan untuk empat Cabor itu sudah terinci dengan total Rp30 juta. 3 Cabor mempertandingan 14 nomor pertandingan jadi jumlah juaranya, 42 juara ke 1, 42 juara ke 2, dan 42 juara ke 3,” tandasnya. (Syamsul/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru