UMKM Binaan Bea Cukai Tangerang Ekspor Perdana ke India

Bea Cukai Tangerang

Bea Cukai Tangerang mendampingi Koperasi Galeri Etnik Nusantara melakukan ekspor perdana ke India. (Istimewa)

TANGERANG, BINGAR.ID – Bea Cukai Tangerang mendampingi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya Koperasi Galeri Etnik Nusantara melakukan ekspor perdananya berupa lada hitam ke India.

Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo mengungkapkan, pembinaan terhadap UMKM itu merupakan salah satu upaya Bea Cukai dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Realisasi Pabean dan Cukai Bea Cukai Tangerang Tetap “On Fire”

“Melalui program pemberdayaan UMKM yang dilakukan Bea Cukai Tangerang, bimbingan dan asistensi terus dilakukan guna menggali potensi UMKM yang berada di wilayah Tangerang Raya. Salah satunya Koperasi Galeri Etnik Nusantara yang menjadi UMKM binaan Bea Cukai Tangerang dengan berbagai produknya,” ujarnya, Jumat (4/3/2022).

Dia menyebut, Koperasi Galeri Etnik Nusantara selama ini menampilkan produk-produk yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, antara lain produk makanan, hasil pertanian, dan kerajinan tangan.

Baca juga: Bea Cukai Tangerang Bebaskan Cukai 10 Juta Liter Bahan Pembuat Hand Sanitizer

“Hingga pada hari Rabu, 2 Maret 2022 berhasil melakukan ekspor perdananya yang berupa lada hitam asal Kabupaten Lampung Timur ke India,” sambungnya.

Guntur menerangkan, pihaknya akan terus mendukung potensi ekspor dari UMKM dengan variasi produknya yang mencerminkan budaya bangsa Indonesia, guna mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca juga: Tok! Sri Mulyani Resmi Naikkan Cukai Rokok 12,5 Persen

“Kami optimalkan pula UMKM-UMKM sekitar dengan pembentukan tim pemberdayaan UMKM yang siap memberi bimbingan dan asistensi terkait ekspor khususnya untuk UMKM,” jelasnya.

“Terdapat pula klinik ekspor yang bersinergi dengan Kantor Wilayah Bea Cukai Banten, serta pemberian relaksasi di bidang kepabeanan dan cukai untuk UMKM” tutup Guntur. (Sajid)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru