Tekan Resiko Terpapar Covid-19 Dengan Makan Ikan

Memakan ikan di yakini mampu menjaga kekebalan tubuh, untuk menangkal virus, termasuk Covid-19 (Istimewa)

JAKARATA, BINGAR.ID – Serangan Virus Corona atau Covid-19 semakin masif terjadi. Ribuan orang dari berbagai negara telah terserang sangat cepat, bahkan virus ini di kabarkan telah menelan ratusan jiwa.

Di Indonesia, hingga Kamis (19/3) sudah ada 1.727 orang di karantina di Rumah Sakit, 309 orang diantaranya dinyatakan positif terpapar Virus Corona.

Untuk mengurangi resiko penyebaran Virus
yang pertama kali terjadi di kota Wuhan, China, pemerintah Indonesia menyarankan agar semua orang mengisolasi diri didalam rumah.

Tindakan ini berfungsi untuk mencegah tertular atau menularkan virus ke orang lain. Lansia, wanita hamil dan tubuh kekurangan imun atau kurang sehat, sangat rentan terserang oleh Corona.

Kekurangan imun merupakan gangguan dari sistem kekebalan tubuh yang hilang atau tidak berfungsi normal. Kondisi ini membuat orang tidak memiliki pertahanan alami terhadap kuman, bakteri dan virus.

Oleh karena itu, orang dengan imun kurang lebih baik mengisolasi diri demi mencegah penularan Covid-19 semakin masif di Indonesia.

Saat mengisolasi diri didalam rumah, ada baiknya perbanyak olahraga dan memakan, makanan yang dapat meningkatkan imun kembali normal seperti memakan ikan.

Nutrisi yang terkandung pada ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ikan mengandung protein tinggi, lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, dan B12, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh. Apalagi jika di barengi dengan buah-buahan dan sayur sebagai serat.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan,
Rokhmin Dahuri, dia menjelaskan, dengan rutin mengonsumsi ikan, membuat daya tahan tubuh meningkat. Tubuh yang prima, tidak mudah terserang penyakit termasuk virus corona.

“Makan ikan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Makan ikan itu menyehatkan dan membuat tubuh kita kuat,” katanya belum lama ini.

Menurutnya, KKP juga aktif menjaga kualitas ikan sebelum sampai ke tengah masyarakat. Untuk memastikan ikan yang masuk tidak terpapar virus, KKP melakukan deteksi menggunakan alat pendeteksi modern.

“Kami punya alat deteksi virus canggih. Dipastikan konsumi ikan bebas virus corona,” ujarnya. (Fauzan/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru