Tampil Memukau di Jepang, 4.13 Guitar Quartet Sabet Dua Penghargaan

Grup musik 4.13

Grup musik 4.13 Guitar Quartet baru saja menyabet dua penghargaan dalam ajang 36th Japan International Guitar Competition & Festival 2024, di Tokyo, Jepang.

JAKARTA, BINGAR.ID – Empat sekawan yang tergabung dalam grup musik, 4.13 Guitar Quartet, sukses mengharumkan nama Indonesia di negeri Sakura, Jepang. Mereka baru saja memboyong dua penghargaan dalam The 36th Japan International Guitar Competition & Festival 2024, di Kyurian Hall, Tokyo, Jepang yang berlangsung pada 29 Juni 2024.

Ricky Oktariza Hermansyah, Ryan Gredy Aprianno, Jefri C.D. Simangunsong, dan Fajar Apriadi, memenangkan penghargaan 1st Prize Winner dan Harumi Award (Excellent Performance of Modern Piece). Dua penghargaan itu dicapai setelah mereka memainkan lagu tradisional Bali, “Janger” (Arr. Ricky O. Hermansyah) dan “A Furiosa” karya Paulo Bellinati.

Baca Juga : Boeatan Tjibalioeng Inisiasi Lokakarya Instrumen Musik Bambu

“Kami tahu acara ini karena dihubungi sama Mai Hayashi, pemain mandolin dari Jepang, yang tahun kemarin menjadi juri di Saigon International Guitar Festival di Ho Chi Minh City Conservatory of Music 2023,” kata Fajar Apriadi, Jumat (5/7/2024).

Fajar menceritakan, dua lagu tersebut sebelumnya telah mereka mainkan di kompetisi The 3rd Southeast Asia Guitar Festival di Petaling Jaya, Malaysia pada Desember 2023 sehingga latihannya tak memakan waktu lama. Kompetisi The 36th Japan International Guitar Competition & Festival 2024 berlangsung dalam satu tahap dan banyak diikuti oleh musisi lokal Jepang.

Baca Juga : Nonton Konser Musik Digicash PlayList Live Festival 2.0 Pakai DIGI dan DigiCash Semakin Seru

“Jadi kami tinggal mematangkan secara teknis dan musikalitas, serta kostum yang lebih disesuaikan dengan budaya Indonesia yakni Bali,” ucap pria asal Lebak, Banten yang juga menjadi gitaris Hagiasophia ini.

Dua penghargaan ini bukan lah yang pertama bagi kolektif musik bentukan tahun 2016 ini. Karena sejak terbentuk, mereka rajin mengikuti berbagai kompetisi gitar tingkat nasional maupun internasional. Hasilnya, mereka juga kerap memboyong sejumlah penghargaan.

Baca Juga : Berani Tuk Hadapi, Eksplorasi Musik “Bernyali” dari Valiant Kullo

Seperti Juara 1 Kompetisi Kategori Ansambel di Saigon International Guitar Festival 2023 di Ho Chi Minh Conservatory of Music, Vietnam pada November 2023 dan Juara 1 kategori Ansambel Gitar dalam South East Asia Guitar Festival & Performance Award 2023, 15-17 Desember 2023 di Petaling Jaya, Malaysia.

Selain mengikuti kompetisi The 36th Japan International Guitar Competition & Festival 2024, agenda mereka ke negeri matahari terbit, juga diselingi dengan pertunjukkan bersama Waseda University Student dan Duo Futaba di Tokyo Plecentrum. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru