PANDEGLANG, BINGAR.ID – Forum Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang meminta PDAM serius dalam menangani kerusakan infrastruktur yang kerap terjadi.
Bukan hanya pipa air di Cikoromoy, Forum Pelanggan juga menekankan agar perusahaan air minum plat merah itu memantau dan memperbaiki jaringan air di lokasi lainnya yang juga kerap mengalami kebocoran.
Baca juga: Bocor Lagi, PDAM Pandeglang Belum Temukan Solusi Perbaiki Pipa Cikoromoy
Ketua Forum Pelanggan PDAM Tirta Berkah Pandeglang, Tubagus Nuruzaman menyarankan PDAM untuk segera melakukan pergantian pipa yang kerap mengalami kebocoran. Bahkan, diharapkan agar pemantauan tersebut tidak hanya difokuskan disatu titik saja.
“Kami mendorong PDAM untuk terus menerus melakukan pemantauan dan perbaikan, tidak hanya di Cikoromoy, tapi juga disetiap titik yang mengalami masalah kebocoran dan kemungkinan kebocoran,” katanya, Rabu (10/6/2020).
Baca juga: Sudah Dianggarkan, Dewas PDAM Heran Pipa Cikoromoy Masih Sering Bocor
Diakuinya, kebocoran pipa berdampak terhadap kebutuhan pelanggan. “Kejadian bocor terakhir ini kami langsung melakukan komunikasi dengan pihak PDAM. PDAM juga nampaknya terus melakukan distribusi air tangki gratis untuk mengganti sementara kebutuhan air bagi pelanggan terdampak,” ujarnya.
Dia juga mengingatkan agar PDAM bisa lebih cepat dalam merespons ketika ada permasalahan di lapangan.
Baca juga: Dirut PDAM Pandeglang Akui Keterbatasan Anggaran Untuk Tangani Kebocoran Pipa Cikoromoy
“Sependek pengetahuan kami, jalur Cikoromoy memang sering bocor. Diantara penyebabnya adalah beban kendaraan yang cukup berat, di samping kemungkinan penyebab lainnya, sehingga harus dilakukan perbaikan. Kami berharap semoga PDAM senantiasa melakukan respons cepat ketika dilihat ada persoalan di lapangan,” pesannya. (Syamsul/Red).