Setelah Baca Ini, Jangan Lagi Buang Cangkang Telur!

Ilustrasi cangkang telur. (Foto: pixabay)

BINGAR.ID – Telur, sering kali hanya dimanfaatkan isinya saja. Sementara cangkangnya, hampir dipastikan selalu dibuang. Padahal, cangkang telur ternyata punya manfaat, loh, bagi tubuh kita.

Bahkan, cangkang telur sebenarnya bisa dikonsumsi layaknya bagian isinya. Asal dilakukan dengan benar.

Pertama kita harus rebus kulit telur agar kotoran dan bakterinya hilang. Setelah itu dihaluskan hingga menjadi serbuk. Serbuknya inilah bisa kita campurkan ke makanan dan minuman.

Selain itu, masih ada manfaat lain dari cangkang telur. Mau tahu? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium Tubuh

Kulit telur mengandung kalsium yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Kalsium ini bermanfaat menjaga kekuatan tulang dan gigi, membantu jantung memompa darah keseluruh tubuh, serta membuat detak jantung kita lebih teratur.

Kalsium dalam kulit telur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penenang alami, yang bisa menenangkan sistem saraf dalam mengurangi rasa sakit, serta menghentikan pendarahan akibat luka.

2. Mencegah Pengeroposan Tulang

Osteoporosis atau pengeroposan tulang menyebabkan risiko patah tulang semakin meningkat. Osteoporosis memang biasa dialami oleh orang tua, seperti kakek nenek.

Namun, awal perkembangan osteoporosis bisa dimulai sejak usia muda. Pengeroposan tulang biasanya terjadi karena kurangnya asupan kalsium sehari-hari.

Jadi, sejak dini kita perlu menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Salah satunya yang terkandung dalam cangkang telur. Bubuk cangkang telur bisa memperkuat tulanng yang mengalami pengeroposan.

Dalam tubuh, bubuk cangkang telur tadi bekerja mengikat vitamin D dan magnesium, yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

3. Menjaga Kesehatan Persendian

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin yang mengandung membran cangkang telur, sangat baik untuk menjaga kesehatan persendian kita.

Sebab, kulit telur memiliki selaput yang terbuat dari kolagen, kondroitin sulfat (penyusun jaringan tulang rawan), glukosamin, dan nutrisi lainnya.

Nah, kolagen itu ternyata bermanfaat untuk mengurangi nyeri seni.

Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suplemen vitamin yang mengandung kulit telur tadi benar-benar efektif dalam hal ini.

Sekarang sudah tahu kan manfaat cangkang telur? Jadi, ayo coba olah cangkang telur menjadi makanan yang punya banyak manfaat bagi tubuh kita. Selamat mencoba. (*Ahmad/Red).

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terbaru