Prajurit Yonif 320 Badak Putih Berbagi Panen Jagung Kepada Masyarakat

Yonif 320 Badak Putih

Berbagi kebahagiaan, Yonif 320 Badak Putih membagikan hasil panen jagung kepada masyarakat. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Sebagai wujud berbagi kebahagiaan, Yonif 320/Badak Putih membagikan hasil panen jagung kepada masyarakat dari hasil pengelolaan lahan seluas 2,7 hektare di kebun Kompi A yang dikelola Yonif di Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (24/9/2022).

Panen jagung kali ini didapati 1,5 ton jagung manis. Diketahui, selain jagung manis, prajurit Yonif 320 Badak Putih juga menaman beraneka macam sayuran seperti bayam, kangkung, cabai, hingga budidaya ikan lele.

Baca juga: Prajurit Yonif 320 Badak Putih Sabet Medali Emas PON XX Papua, Sayang Bukan untuk Banten

“Ini merupakan upaya satuan dalam pengelolaan lahan satuan yang dapat dijadikan sumber ketahanan pangan secara mandiri, dimana hasilnya dapat dimanfaatkan oleh prajurit Yonif 320/Badak Putih maupun dibagikan kepada warga sekitar,” jelas Komandan Yonif 320 Badak Putih, Letkol Inf. Andika Suseno.

Dia menerangkan, di sela-sela tugas pokok sebagai TNI, prajurit juga mengembangkan potensi dalam bidang berkebun guna memanfaatkan lahan kosong disekitar Batalyon.

“Kami memanen jagung manis jenis Bonanza F1 dilahan seluas 2,7 hektare. Dan hasilnya cukup melimpah, kemudian sebagian hasil panen kami bagikan kepada warga sekitar Yonif. Tujuan dari berkebun, sebagai salah satu cara untuk memotivasi seluruh prajurit agar semangat dalam memanfaatkan lahannya. Tidak harus di lahan yang luas, karena jika diberdayakan secara maksimal, hasilnya bisa melimpah,” terangnya.

Baca juga: Ukir Sejarah, TNI Bangun Tugu Prasasti TMMD ke-109 di Kecamatan Patia

Danyon berharap, kehadiran Batalyon Infanteri 320/BP di tengah masyarakat, untuk mempererat tali silaturahim sehingga kemanunggalan TNI-rakyat selalu ada dan nyata.

“Tidak hanya melaksanakan tugas sebagai TNI saja, kami juga saling berbagi kebaikan kepada warga sekitar khususnya, dan warga Kabupaten Pandeglang pada umumnya. Hal ini kami lakukan, agar TNI hadir bersama rakyat,” ujarnya.

“Kami sangat berharap, hasil panen ini dapat membantu perekonomian prajurit. Kalau untuk batang dan daunnya, kami manfaatkan untuk pakan hewan ternak yang ada di Yonif 320 Badak Putih,” imbuhnya.

Baca juga: HUT TNI, Mengenal 8 Pasukan Khusus Indonesia yang Disegani Dunia

Salah seorang warga Kampung Waas, Desa Tapos, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, yang menerima sebagian hasil panen, Ojah menyampaikan terima kasih kepada Yonif 320 Badak Putih, atas kepedulian dan bantuan yang telah diberikan.

“Terimakasih Bapak TNI sudah membagikan hasil panen untuk kami, semoga pemberian dari Bapak TNI menjadi berkah untuk kita semua,” ujarnya. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru