TANGERANG, BINGAR.ID – Dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2025 seluruh Srikandi (pegawai perempuan) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengenakan kebaya saat bekerja, termasuk ketika melayani pelanggan. Kebaya, sebagai warisan budaya Indonesia, menjadi simbol penghormatan atas kontribusi perempuan dalam berbagai sektor, termasuk sektor ketenagalistrikan.
General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin menyampaikan, kebaya tidak hanya menjadi simbol pelestarian budaya, tetapi juga menegaskan pentingnya keberagaman, inklusi, serta semangat pelayanan prima dalam mendukung transformasi energi nasional yang tengah dijalankan PLN.
Baca Juga : PLN Dukung Percepatan Elektrifikasi Kereta Api Serang–Rangkasbitung
“Transformasi energi bukan hanya soal teknologi, tapi juga manusia. Perempuan memiliki peran penting dalam mendorong inovasi, meningkatkan kualitas pelayanan, dan menjadi agen perubahan di lingkungan kerja maupun masyarakat,” ujar pria yang kerap disapa Andy Acha itu, Senin (21/4/2025).
Ia menambahkan, kegiatan ini bukan sekadar seremonial, melainkan bentuk nyata penghormatan terhadap pelanggan PLN. Penampilan yang rapi, santun, dan berbudaya mencerminkan nilai-nilai pelayanan yang mengedepankan empati dan kualitas.
Baca Juga : PLN dan Masdar Teken MoU Pengembangan PLTS Terapung di Indonesia
“Penampilan adalah bagian dari etika pelayanan. Kebaya menjadi simbol bahwa kami melayani tidak hanya dengan keterampilan, tetapi juga dengan hati dan semangat budaya yang kami junjung tinggi,” kata Andy Acha.
Salah satu Srikandi PLN, Dhea Vani Safli, yang terjun langsung ke lapangan dalam balutan kebaya, mengungkapkan kebanggaannya. Ia mengatakan bahwa mengenakan kebaya justru membuatnya semakin percaya diri dan memberikan energi positif saat melayani pelanggan.
Baca Juga : Wujudkan Swasembada Energi, PLN Akselerasi Pengembangan Hidrogen di Tanah Air
“Respons pelanggan sangat luar biasa. Banyak yang memberikan apresiasi karena PLN tetap menjunjung budaya dalam setiap layanan. Dengan kebaya, kami semakin termotivasi untuk melayani dengan maksimal,” ucap Dhea. (Ahmad)