Pembinaan UMKM PLN Banten Kembali Diakui Lewat Gold Award Bina Mitra UMKM 2025

PLN

PLN UID Banten menerima penghargaan _Gold_ dalam ajang Bina Mitra UMKM Award 2025 yang diselenggarakan oleh CFCD Foundation di Jakarta (14/5). Penghargaan ini menjadi bukti keberhasilan PLN UID Banten dalam menghadirkan program pemberdayaan UMKM yang menyeluruh, berkelanjutan, dan berdampak nyata di Provinsi Banten.

TANGERANG, BINGAR.ID – Konsistensi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kembali menuai pengakuan di tingkat nasional. Melalui program pembinaan yang terstruktur dan berkelanjutan, PLN UID Banten berhasil meraih penghargaan Gold dalam ajang 2nd Bina Mitra UMKM Award 2025 yang digelar oleh CFCD Foundation.

Penghargaan ini menjadi cermin dari strategi yang dijalankan PLN UID Banten dalam mendekatkan peran korporasi terhadap penguatan ekonomi kerakyatan. Bukan sekadar menyalurkan bantuan, tetapi membangun ekosistem pendampingan usaha yang menyeluruh, mulai dari edukasi, memfasilitasi, hingga mendorong daya saing di pasar digital dan global.

Baca Juga : PLN Sukses Jaga Keandalan Listrik di Banten Selama Waisak

General Manager PLN UID Banten, Muhammad Joharifin menegaskan, capaian ini merupakan hasil dari kerja kolektif dan kepedulian PLN terhadap tumbuh kembangnya UMKM sebagai penyangga ekonomi daerah.

“Kami percaya bahwa pemberdayaan UMKM bukan sekadar tanggung jawab sosial, tetapi merupakan strategi jangka panjang untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat. PLN hadir sebagai mitra pertumbuhan, bukan hanya penyedia listrik,” ujarnya, Kamis (15/5/2025).

Baca Juga : Bertemu Andra Soni, PLN Banten Tegaskan Dukungan Terhadap Program Pemprov Banten

Joharifin menambahkan, PLN UID Banten menghadirkan HUB UMKM, sebuah pusat pengembangan usaha bagi para UMKM di Provinsi Banten. Keberadaan HUB ini menjadi tonggak penting dalam transformasi pendekatan pembinaan UMKM.

Tidak lagi bersifat sporadis, melainkan dibangun secara sistematis menyeluruh, berkelanjutan, dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha.

Baca Juga : PLN Banten Ajak Pelanggan Manfaatkan Promo “Bangkit Lebih Terang”

“Melalui berbagai program yang dijalankan di HUB UMKM, para pelaku usaha difasilitasi untuk mengikuti pelatihan manajerial, inkubasi bisnis, mentoring intensif, pengurusan sertifikasi, hingga pemanfaatan ruang kerja bersama sebagai tempat kolaborasi dan kreasi. Hingga Mei ini pun sebanyak 338 UMKM telah menjadi mitra binaan aktif dari PLN UID Banten,” kata Joharifin.

Tidak berhenti di situ, HUB UMKM juga menjadi arena transformasi digital bagi mitra binaan. Sebagian besar UMKM kini telah aktif memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook sebagai kanal promosi.

Lebih jauh lagi, UMKM binaan pun kini telah merambah platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan GoFood. Bahkan, capaian paling membanggakan datang dari sisi ekspor, yang mana sejumlah produk UMKM binaan PLN UID Banten berhasil menembus pasar internasional.

“Kami tidak ingin berhenti hanya pada angka. Lebih dari itu, kami ingin terus hadir di sisi para pelaku UMKM, mendampingi mereka tumbuh, berinovasi, dan melangkah lebih jauh. Ini bukan sekadar pencapaian, tapi semangat berkelanjutan untuk membangun ekonomi yang tangguh dari akar rumput,” ujar Joharifin. (Ahmad)

Berita Terkait