Lawan Penyebaran Covid-19, Dinkes Banten Gandeng Ormas

Lawan Penyebaran Covid-19, Dinkes Banten Gandeng Ormas

Dinkes Banten saat Menggelar Acara Penguatan Kelompok Masyarakat di Salah Satu Hotel di Pandeglanh. Dalam Acara itu Dinkes Banten Menggandeng Ormas Untuk Melawan Covid-19 (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten menggandeng Organiasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Provinsi Banten bersama-sama melawan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu terungkap dalam acara Penguatan Kelompok Masyarakat dalam Program Prioritas Kesehatan tingkat Provinsi Banten, Kamis 21 Oktober 2020.

Kepala Dinkes Banten, Ati Pramudji Astuti mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Dinkes Banten untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sekaligus untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

“Hal ini dilakukan karena pemerintah daerah provinsi Banten tidak dapat berjalan sendiri. Sehingga kami membutuhkan bantuan, support, partisipasi, dan kerjasama dengan masyarakat khususnya Ormas di Banten untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Banten,” katanya.

Baca Juga : Pemerintah Susun Roadmap Vaksinasi Covid-19

Kasi Promkes Dinkes Banten, Mahmud mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinkes dan delapan ormas di Banten diantaranya MUI, FSPP, Aisyiyah, Muslimat, DMI, Pramuka, Majlis Taklim Al Hidayah, ICMI dan Fatayat.

“Outcome yang diharapkan adalah bahwa setiap ormas dapat melaksanakan kampanye anti Covid melalui jaringan di bawahnya baik level kepengurusan di Kabupaten/Kota hingga Kecamatan dan Kelurahan/Desa,” jelasnya.

Selain itu, kata Mahmud sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat disampaikan ormas-ormas tersebut kepada masyarakat Banten di delapan kabupaten dan kota.

“Sehingga terbentuk kesadaran bersama di tengah masyarakat Banten untuk hidup lebih bersih dan sehat melalui bantuan jaringan ormas se-Banten,” tandasnya.

Baca Juga : Dihajar Covid-19, Pengembalian Kredit Nasabah PT. LKM Pandeglang Macet

Ketua PW Aisyiyah dan DMI Banten yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengungkapkan optimismenya bahwa Ormas-Ormas di Banten dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Banten tentang PHBS.

“Memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan pada saat yang sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Banten,” pungkasnya. (David/Fauzan/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru