Harga Sembako Melonjak, Cabai Merah Tembus Rp120.000

Rohim dan Imas, penjual dan pembeli bumbu dapur (cabai) di Pasar Badak Pandeglang. Sendi

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Beberapa hari terakhir ini, sejumlah kebutuhan bahan pokok (Sembako) di pasaran, mulai mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan. Bahkan harga Cabai Merah yang sebelumnya Rp50.000 per kilogram, kini sudah tembus diharga Rp100.000 hingga Rp120.000 per kilogramnya.

Hal ini diakui Rohim, salah seorang pedagang cabai dan bumbu dapur yang berjualan di Pasar Badak Pandeglang, yang mengatakan, bahwa kenaikan harga cabai tersebut, baru terjadi beberapa hari terakhir ini.

Baca Juga : Kapolres Pandeglang Sidak Harga Pangan di Pasar Badak Pandeglang

“Yang kita tahu, kenaikan harga cabai ini terjadi baru beberapa hari terakhir. Saya pun kurang paham benar, pengaruh apa harga cabai ini bisa meroket langsung harganya, ditambah minimnya pasokannya pun mulai berkurang di pasar ini, entah mungkin karena cuaca, atau apalah, saya juga tidak paham,” jelas Rohim, Jum’at 23 Febuari 2024.

Dikatakannya juga, kenaikan bahan pokok dipasaran tersebut, tidak hanya terjadi pada Cabai Rawit Merah maupun Cabai Rawit Orange (Cabe Setan-red), harga Tomat pun diakuinya naik cukup tinggi dari biasanya.

Baca Juga :Harga Kedelai Kembali Naik, Pedagang Tempe di Pandeglang Pusing

“Tidak hanya cabai saja yang naik, harga tomat pun ternyata ikut-ikutan naik pak. Harga tomat yang semula hanya Rp8.000 per kilogramnya, naik dua kali lipat, atau menjadi Rp16.000 per kilogramnya. Sedangkan harga cabai, yang semula Rp50.000 per kilo, sekarang sudah Rp100.000 hingga Rp120.000 per kilonya,” tambahnya.

Sementara itu, Imas salah seorang pembeli yang ada di kios Rohim, mengaku kaget ketika mengetahui cabai maupun tomat harganya melonjak tinggi. Bahkan dirinya pun mengaku khawatir, atas kenaikan sejumlah bahan pokok belakangan ini, lebih-lebih menjelang Ramadhan.

Baca Juga : Harga Beras Melonjak, Stok Beras di Minimarket Pandeglang Alami Kelangkaan

“Jelas kami merasa khawatir dong, dengan melonjaknya harga-harga ini. Kan bahan-bahan yang naik ini, merupakan bahan pokok yang biasa kita gunakan untuk memasak setiap hari. Apalagi nanti menjelang bulan Ramadhan, bisa selangit harganya pak,” ungkap Imas.

“Saya berharap pemerintah cepat tanggap atas kenaikan harga bahan pokok di pasaran ini, serta segera carikan solusinya, jangan dibiarkan terus seperti ini. Kami masyarakat yang berpenghasilan kecil, jelas sangat terdampak sekali dengan tingginya harga kebutuhan pokok saat ini,” pungkasnya. (Sendi/Adyt)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru